Cara mudah menabung di awal Bulan

 

Cara mudah menabung di awal Bulan
Cara mudah menabung di awal Bulan


Tangerangtalk.Online -- Banyak orang mengalami kesulitan dalam menyisihkan uang mereka untuk menabung setiap bulannya. Bahkan, John McGrath mengatakan bahwa banyak orang yang tidak bisa  pensiun karena tidak memiliki uang tabungan disaat usia pensiun mereka.


Menabung memang terasa sulit, Apalagi bagi orang yang jarang sekali berhemat dan menyisihkan uangnya. Meski sudah meniatkan diri untuk menabung. Namun ada saja  keinginan dan alasan untuk belanja sesuatu yang akhirnya membuat uang kita habis.


Orang-orang bahkan alasan yang paling masuk akal untuk tidak menabung. Yaitu dengan alasan kurangnya uang dihasilkan dibandingkan dengan kebutuhan keluarga atau pribadi


Banyak media massa yang mengkaitkan kesulitan tersebut dengan tingginya inflasi yang tidak sebanding dengan naiknya pendapatan seseorang.


Terakhir Media massa menyatakan bahwa Generasi Z akan kesulitan membeli rumah saat mereka dewasa nanti. Hal ini juga dikaitkan dengan tingginya peningkatan harga rumah dibandingkan dengan penghasilan mereka di masa depan.


Sebelum semua itu terjadi,  Ada sebuah metode yang mungkin bisa dicoba oleh setiap generasi. Yaitu menabung dengan memulai dari tujuan atau keinginan misalkan ingin membeli sebuah laptop seharga Rp7 Juta. 


Dari angka tersebut kita diminta menyisihkan setiap pendapatan kita. Setiap uang yang kita keluarkan kita harus tuliskan mengurangi nominal tujuan misalkan 


Bulan Juli 2022 kita menabung sebesar Rp100 ribu. Kita bisa menuliskan kurang Rp6,9 juta dan seterusnya hingga menjadi nol.


Hal ini diharapkan memacu kebiasaan kita menjadi berorientasi pada masa depan. Nah, untuk memudahkan melakukan kita harus berani mengeluarkan uang untuk menabung di awal bulan.


Referensi

  1. Buku You Don't Have to be Born Brilliant, John McGrath

  2. https://bisnis.tempo.co/read/1610335/bank-dunia-prediksi-inflasi-indonesia-36-persen-begini-dampaknya

  3. https://magdalene.co/story/generasi-z-rumah-tak-terbeli-bukan-karena-kebanyakan-ngopi

Next Post Previous Post