BNI Xpora Raih Penghargaan Marketeers

BNI Xpora Raih Penghargaan Marketeers


Jakarta, Tangerangtalk.Online - Program BNI Xpora dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI kembali meraih prestasi dengan terpilih sebagai pemenang dalam Marketeers Sustainability Excellence 2023 kategori SME Enhancement of The Year.

Penghargaan ini diberikan kepada BNI karena melalui program BNI Xpora. BNI mampu menerapkan program sustainability dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

BNI Xpora merupakan solusi digital yang dikembangkan oleh BNI yang ditujukan untuk pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis.

Penerapan strategi sustainability marketing yang tidak biasa ini. Selain berdampak pada bisnis perusahaan, juga memberikan dampak yang positif bagi para pelaku UMKM maupun komunitas diaspora serta pada peningkatan devisa negara akibat transaksi ekspor yang dilakukan oleh para pelaku UMKM binaan BNI.

Penghargaan tersebut secara langsung diserahkan oleh CEO Marketeers Iwan Setiawan kepada GM Divisi Retail Productive Banking BNI M. Safri Hidayat di FX Sudirman, Jakarta.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, Indonesia memiliki beragam potensi ekspor. Seperti produk pertanian, perikanan, herbal dan rempah, kerajinan, furnitur, makanan dan minuman olahan, dan berbagai produk lainnya.

Menurutnya, potensi tersebut menjadi keuntungan bagi para pelaku ekspor UMKM. Namun, mereka juga dihadapkan dengan tantangan, seperti persaingan produk, keterbatasan pengetahuan prosedur ekspor, akses pasar global, kemampuan digital, keuangan, transaksi, dan akses permodalan.

"Sejak tahun 2021, BNI Xpora hadir dengan nilai-nilai Go Productive, Go Digital, dan Go Global untuk memberikan dukungan nyata kepada pelaku UMKM dalam menghadapi peluang dan tantangan," ujar Okki.

BNI Xpora memberikan dukungan UMKM

Adapun bentuk dukungan yang ditawarkan oleh BNI Xpora antara lain menyediakan pelatihan, pendampingan, webinar, seminar, dan coaching clinic kepada pelaku UMKM terkait ekspor dan transaksi keuangan. Dengan pengetahuan yang diperoleh, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas bisnis mereka.

BNI Xpora juga memberikan solusi digital kepada UMKM dalam memasarkan produk melalui platform xpora.co.id. Platform ini menjadi jembatan antara UMKM dengan calon pembeli global.

Terlebih, program ini berperan aktif memberikan akses pasar luar negeri dengan bekerja sama dengan kantor cabang BNI di luar negeri. Kolaborasi ini membantu UMKM dalam mencari pembeli global dan berpartisipasi dalam pameran internasional.

Selain solusi di atas, Program ini juga menawarkan produk perbankan yang mendukung aktivitas ekspor. Seperti pinjaman atau pembiayaan dengan bunga yang menarik, transaksi online perbankan, dan produk lainnya.

Okki menambahkan, tidak hanya memberikan dukungan kepada pelaku UMKM. Program ini juga memberikan perhatian khusus kepada diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.

Melalui kantor cabang BNI di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, New York, dan Amsterdam. Program ini membantu diaspora dalam mengembangkan bisnis, termasuk membeli bahan baku dari UMKM Indonesia.

Program ini  mempertemukan penjual (UMKM), pembeli (diaspora dan pembeli global), serta pihak lain yang mendukung ekspor.

BNI Xpora menjalin kerjasama banyak pihak

BNI  menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik dari internal maupun eksternal. Seperti Bea Cukai, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Bank Indonesia, LPEI, dan lain-lain.

"Kolaborasi ini mempercepat transformasi UMKM menuju pasar global," ucap Okki.

Sejumlah aksi nyata juga telah dilakukan oleh BNI Xpora, antara lain memberikan pelatihan dalam berbagai program. Seperti Export Coaching Program (ECP), Coaching Program for New Exporter (CPNE), sertifikasi halal, onboarding ke marketplace, pemasaran digital, pengemasan produk, dan lain-lain.

BNI Xpora juga membantu business matching antara UMKM binaan program ini dengan pengusaha dari Korea, Belanda, Hong Kong, Kanada, Jepang, Singapura, Afrika Selatan, dan negara lainnya.

Okki menambahkan, BNI Xpora turut menghadirkan UMKM di berbagai acara dalam dan luar negeri, seperti Inacraft, Karya Kreatif Indonesia, Kriyanusa, Bulan Inklusi Keuangan - OJK, Food Expo 2023 Jepang, Hannover Messe, London Coffee Festival, Seoul Food & Hotel, Korea Import Fair, dan masih banyak lagi.

"Dengan BNI Xpora, pelaku UMKM dapat mengoptimalkan potensi bisnisnya, mengatasi tantangan ekspor, dan memperluas jaringan baik secara lokal maupun internasional," pungkasnya. (Sayuti)

Next Post Previous Post