Batik Kabupaten Tangerang di APKASI Otonomi Expo

Batik Kabupaten Tangerang di APKASI Otonomi Expo


Tangerang - Ketua TP-PKK Kabupaten Tangerang  menampilkan Batik Kabupaten Tangerang di APKASI Otonomi Expo di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. Sabtu (22/07/2022)

Karakteristik dan keunikan warisan budaya Indonesia sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Salah satunya dari Kabupaten Tangerang yang tampil di fashion show wastra nusantara.

Kabupaten Tangerang memperkenalkan potensi wisata budaya dan batik khas Banten.

Acara yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Hall 3 Kabupaten Tangerang, Banten, sejak 20–22 Juli 2023. Acara ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tangerang, Yuli Zaki Iskandar bersama jajarannya.

“Kami sangat bangga produk fashion khas Kabupaten Tangerang bisa bersaing dengan produk fashion perwakilan Kabupaten lainnya yang sangat keren dengan koleksi yang bagus di ajang Fashion Show Wastra Nusantara Apkasi Otonomi Expo 2023,” ujar Yuli Zaki Iskandar.

Menurut dia, keikutsertaan Kabupaten Tangerang pada Fashion Show Wastra Nusantara ini diharapkan dapat menampilkan lebih banyak lagi karya desainer lokal dalam berbagai ajang nasional maupun internasional nantinya.

“Semoga desainer Kabupaten Tangerang lebih membuka mata dan wawasannya supaya lebih bisa maju dan berperan sampai kancah nasional bahkan internasional tentunya. Itu tidak mudah tapi yakin pelan-pelan pasti bisa,” jelasnya.

Sementara itu, Andini Ekasari menjelaskan, Kabupaten Tangerang menampilkan beberapa produk fashion khas  yaitu beberapa motif batik yakni batik motif pesona Tangerang, batik motif padi serta daun merambat, motif bangunan bercerobong asap, motif balai dan mahkota radja, batik motif Gerbang Gemilang dan batik motif Kacang Baning.

"Beberapa batik tersebut memiliki filosofi yang melambangkan keindahan alam serta budaya dan sejarah lokal Kabupaten Tangerang. Seperti motif padi serta daun merambat melambangkan kesuburan pertanian. Motif bangunan bercerobong asap menandakan kemajuan dunia industri serta motif balai dan mahkota radja, dari sejarah Balaraja, wilayah batik ini berasal," jelasnya. (Humas)

Batik Kabupaten Tangerang

Tangerang memiliki dua batik khas yang belum banyak yang mengenal secara luas. Padahal motif dan coraknya sangat unik yakni gerbang wareng dan kacang,” katanya.

Kedua motif batik tersebut memiliki warna dengan nuansa gelap dan motif diagonal. Batik ini memiliki filosofi yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat yang menetap sekitar Kabupaten Tangerang.

Kacang yang merupakan tanaman yang kerap kali terlihat pada tiap halaman rumah warga Kabupaten Tangerang. Kabupaten Tangerang yang kebetulan memiliki jenis tanah yang gembur, sehingga motif kacang menjadi ciri khas.

Sedangkan istilah wareng berarti galak dan biasanya sifat ayam jantan. Ayam wareng atau ayam galak juga menjadi bagian dari Kabupaten Tangerang yang dulunya suka mengadu ayam maka muncullah motif gerbang wareng.

Cek Harga Batik Khas Kabupaten Tangerang dengan meng-klik link dibawah.

Batik Tangerang Gerbang Wareng-Tokopedia

BATIK TANGERANG GERBANG WARENG-Lazada

 

 

Next Post Previous Post