Berapa Biaya Kampanye Calon DPRD Tangerang ?

Berapa Biaya Kampanye Calon DPRD ?


Tangerangtalk.Online - Mahkamah Konstitusi beberapa hari lalu memutuskan untuk tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Dimana pemenang anggota DPRD ditentukan melalui suara terbanyak di antara para calon didalam partai yang sudah memenuhi jumlah suara untuk mendapatkan kursi di daerah pemilihan.

Konsekuensi dalam suara terbanyak adalah kompetensi antar calon akan semakin sengit dan semakin mahal.

Saya memiliki pengalaman menjadi tim pemenangan pada  tahun 2014 dan 2019. Selama itu memang persaingan antar caleg ini sangat ketat. Persaingan akhirnya tidak lagi di antara caleg berbeda partai, tapi bagaimana mendapatkan suara terbanyak dari para caleg di partai yang sama.

Memang setiap pemilu penyelenggara pemilu mewajibkan para caleg melalui partainya membuatkan laporan dana pemilu. Hal ini untuk melihat seberapa besar dan dari mana dana yang mereka gunakan selama masa kampanye.

Berdasarkan pelaporan yang penulis ketahui tersebut banyak caleg yang melaporkan penggunaan dana kampanye di angka Rp100 - Rp300 juta. Namun perlu diketahui bahwa banyak item-item kampanye yang tidak termasuk dalam hal yang perlu dilaporkan.

Tentu saja banyak orang yang ragu dengan angka di laporkan, banyak yang menebak bahwa angka realitis di angka Rp500 jutaan

Pada tahun 2019, seorang konsultan politik pernah menyebutkan bahwa agar bisa bermain dan tidak kehabisan nafas hingga akhir hari pemilihan seorang caleg DPRD minimal memiliki logistik di angka Rp400 juta.

Hal ini mengingat bahwa biaya kampanye ini akan di gunakan untuk membentuk tim sukses, membuat spanduk, membuat baliho, membuat kaos, alat peraga kampanye, melakukan sosialisasi, kampamnye akbar partai dan biaya sumbangan untuk saksi tps.

Belum lagi dana untuk gerakan bawah tanah caleg minimal untuk mempengaruhi.

Kalau berdasarkan riset litbang BSKDN tahun 2018 biaya yang diperlukan dalam kampanye sebsar


  1. Calon anggota DPR RI : Rp 1 miliar-RP 2 miliar
  2. Calon anggota DPRD Provinsi : Rp 500 juta-Rp 1 miliar
  3. Calon anggota DPRD kabupaten/kota : Rp 250 juta-Rp 300 juta


Meski para caleg mengeluarkan dana yang cukup besar tidak menjamin kemenangan. banyak kasus caleg yang mengeluarkan dana sangat besar tetap kalah dengan orang yang mungkin hanya memiliki dana kampanye standar.


Next Post Previous Post