Komunitas Eliminasi Tuberculosis Penabulu STPI menggelar Konferensi Pers Pernyataan Bersama Upaya Kolaborasi Penanggulangan Tuberkulosis


Kabupaten Tangerang, Tangerangtalk.Online Komunitas  Eliminasi Tuberculosis Penabulu STPI menggelar Konferensi Pers Pernyataan Bersama Upaya Kolaborasi Penanggulangan Tuberkulosis di Kabupaten Tangerang di Rumah Makan Joglo, Kamis (29/12/2022).


Dedi Irawan, Koordinator Program TB Tangerang mengatakan bahwa eliminasi penyakit Tuberkulosis (TB) ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan dan komunitas-komunitas Eliminasi TB. Tapi juga merupakan tanggung jawab sektor-sektor lain sangat berkaitan dengan eliminasi TB.


“Misalkan bagaimana ketika penyakit TB ini ditemukan di lingkungan rumah yang kurang sehat dan sanitasi kurang. Maka selain mengobati perlu juga dipikirkan bagaimana lingkungannya nanti juga dibuat agar penyakit TB ini tidak bisa berkembang,” ungkapnya.


Dedi melanjutkan, karena itu Komunitas  Eliminasi Tuberculosis Pena Bulu STPI melalui kegiatan ini mendorong adanya kolaborasi penanggulangan TB di Kabupaten lintas sektor. Bukan Hanya dari Dinas Kesehatan, relawan, puskesmas,  maupun pemerintah, tapi juga dapat melibatkan wartawan.


Hal senada diungkapkan, Marno, MK DPPM Kabupaten Tangerang mengatakan bahwa dalam mengeliminasi penyakit TB merupakan tanggung jawab lintas sektor. Harapannya dari kegiatan ini wartawan dapat terlibat juga dalam hal memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya dan pencegahan penyakit ini.


“Karena melalui tulisan wartawan, kami meyakini akan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pencegahan dan pengecekan terhadap penyakit TB  ini,” ungkapnya.


Marno juga mengatakan bahwa dengan terlibat dalam program elimnasi penyakit TB ini. merupakan peran aktif masyarakat sipil mensukseskan cita-cata atau visi Kabupaten Tangerang yaitu menjadi masyarakat religius, sehat dan sejahtera.


“Peran kita saat ini dalam eliminasi penyakit TB ini adalah dalam rangka menciptakan masyarakat yang sehat,” pungkasnya. (Sayuti)


Next Post Previous Post