Mengenal M. Umer Chapra, Ekonom Islam Modern

 

Mengenal M. Umer Chapra, Ekonom Islam Modern
Mengenal M. Umer Chapra, Ekonom Islam Modern (Arabnews)



Tangerangtalk -- Sebelum jauh belajar tentang ekonomi Islam modern, tentunya kita harus mengenal dan membaca karya-karyanya dari Bapak ekonomi Islam Modern yaitu Umer Chapra. Banyak ide-ide dan gagasan Umer Chapra tentang ekonomi islam yang masih menjadi pondasi ekonomi islam dan  masih relevan hingga saat ini.


Mengutip Wikipedia, M. Umer Chapra merupakan ekonom kontemporer muslim yang dikagumi di negara-negara muslim hingga dunia barat. Karya dan idenya sangat berperan dalam perkembangan ekonomi islam.


Sehingga Umer Chapra mendapatkan penghargaan yang dianugerahkan langsung oleh Presiden Pakistan, berupa medali emas dari IOP (Islamic Overseas of Pakistanis) untuk jasanya terhadap Islam dan Ekonomi Islam, pada konferensi pertama IOP di Islamabad dan karena pengabdiannya ini beliau mendapatkan penghargaan dari Islamic Development Bank dan dari King Faisal International Award.


M. Umer Chapra adalah seorang ekonom kelahiran Pakistan, pada 1 Februari 1933. Dia meneruskan pendidikan strata satu dan magister di Karachi, Pakistan. Kemudian meraih gelar Ph.D pada bidang ekonomi pada tahun 1961 dengan predikat cum laude di Universitas Minnesota, Minneapolis, Amerika Serikat.


Kemudian dia kembali ke negara asalnya dan bergabung dengan Central Institute of Islamic Research di tahun yang sama. Selama 2 tahun berada di dalam lembaga tersebut Chapra aktif melakukan penelitian yang sistematis terhadap gagasan-gagasan dan prinsip-prinsip tradisi Islam untuk mewujudkan sistem ekonomi yang sehat. Hasil kajian itu, dituliskan dan dibukukan dengan judul The Economic System of Islam: A Discussion of Its Goals and Nature, (London, 1970).


Selain itu, dia juga menjabat sebagai ekonom senior dan Associate Editor pada Pakistan Development Review di Pakistan Institute of Economic Development.


Pada tahun 1964, Chapra kembali ke Amerika dan mengajar di beberapa sekolah tinggi ternama. Diantaranya adalah Harvard Law School, Universities of Wisconsin, United States, Universitas Autonoma, Madrid, Universitas Loughborough, U.K, Oxford Center for Islamic Studies, London School of Economic, Universitas Malaga, Spanyol, dan beberapa Universitas di berbagai negara lainnya. Kemudian dia bergabung dengan Saudi Arabian Monetary Agency (SAMA), Riyadh, dan menjabat sebagai penasihat ekonomi hingga pensiun pada tahun 1999.


Selain itu dia juga menjabat sebagai penasehat riset di Islamic Research and Training Institute (IRTI) di Islamic Development Bank (IDB), Jeddah.  Dia juga bertindak sebagai komisi teknis dalam Islamic Financial Services Board (IFSB) dan menentukan rancangan standar industri keuangan Islam (2002-2005).


*Sayuti, Se.Sy (Sarjana Ekonomi Syariah)


Refrensi.

https://id.wikipedia.org/wiki/M._Umer_Chapra

http://repository.uinsu.ac.id/402/7/8_BAB_II.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/161548-ID-none.pdf



 





 






 



Next Post Previous Post