Melakukan Sesuatu Dengan Efisien

Melakukan Sesuatu Dengan Efisien
Ilustrasi: Melakukan sesuatu dengan efisien dengan cara mengukur


TangerangTalk -- Saya sering bertanya kepada diri sendiri, Apakah saya sudah melakukan sesuatu dengan efisien? atau justru melakukan dengan boros?


Sebagai contoh, pemilihan rute berangkat ke tempat kerja. Saya sering menggunakan perasaan untuk menentukan rute mana yang harus saya ambil. Saya mengulang-ngulang rute tersebut meski sesekali mengambil rute yang lain.


Pertanyaanya adalah apakah rute tersebut adalah yang paling dekat?. Sehingga saya menghemat waktu hidup saya, uang, dan sumber daya lainnya. 


Untuk rute berangkat kerja baru beberapa hari ini saya mencoba menggunakan cara yang paling mungkin untuk mengukur yaitu menggunakan Google Map. Saya membandingkan beberapa rute yang mungkin saya lalui.


Ternyata, rute yang saya ambil justru menambah waktu tempuh selama 2 menit. Bisa dibayangkan apabila selama 30 hari saja saya kerja sudah menghemat 1 jam.


Masih Banyak hal lain yang sebenarnya saya ingin ukur dan bandingkan. Tentunya dengan bantuan teknologi yang mungkin saya miliki. Misalkan waktu tidur, waktu mandi, waktu bekerja, bahkan waktu bermain media sosial.


Tentunya semua itu untuk menghemat sumber daya yang saya miliki. Karena saya menyadari bahwa saya hanya memiliki waktu yang terbatas dan sumber daya terbatas lainnya.


Mengukur dan Skeptis Terhadap Segalanya


Latar belakang saya mencoba membanding rute saya dengan menggunakan google map adalah untuk mengukur. Hal ini juga ingin menjawab rasa skeptis saya terhadap apa yang saya lakukan selama ini.


Pelajaran yang saya ambil dari in adalah. Sebenarnya banyak cara yang lebih efisien dalam melakukan sesuatu. Asalkan kita mau mengukur, Skeptis, dan memperbaiki .


Semoga tulisan kecil ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.


Sayuti


Next Post Previous Post