Kopi Bisa Sebabkan Ketagihan

Tangerang – Setiap pagi tubuh secara biologis memproduksi sendiri zat kafein dalam tubuh. Zat ini berfungsi untuk memberikan efek kesegaran pada tubuh setelah setelah tidur semalaman. Sehingga manusia tidak merasakan ngantuk seperti pada malam hari.
 Tubuh sendiri memproduksi kafein dalam tubuh hanya dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidak ada kafein yang tersisa dalam tubuh setelah diproduksi secara biologis. Hal ini membuat tubuh menjadi sehat tanpa efek samping.

Efek kesegaran dari kafein ini juga dapat kita rasakan melalui secangkir kopi ataupun teh Itulah mengapa banyak orang yang meminum kopi atau teh saat mengantuk. Namun, ternyata kalau terlalu sering mengkonsumsi kafein dari kopi membuat tubuh secara tidak sadar mengalami ketagihan sehingga sering merasa lemas kalau tidak mengkonsumsi kopi terutama di pagi hari.


Selain itu memberikan efek kesegaran. Apabila mengkonsumsi kafein secara berlebihan justru menimbulkan efek negatif bagi tubuh mulai dari penyakit lambung hingga jantung. Konsumsi kafein yang aman bagi tubuh adalah 200–400 mg per hari. Ini sama dengan sekitar 2–4 cangkir kopi atau 4–8 cangkir teh per hari.


Namun dosis kafein yang aman tersebut hanya berlaku bagi orang yang sehat. Kalau seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu misalkan penyakit jantung. Kita harus memperhatikan seberapa aman kita dapat mengkonsumsi kopi setiap harinya untuk tubuh.


Next Post Previous Post