Asal Nama Kampung Bojong

Asal Nama Kampung Bojong 


Tangerangtalk.Online Desa Bojong di beberapa daerah seringkali kita mendengar nama sebuah kampung dengan nama tersebut. Tapi tahukah anda, nama bojong memiliki arti cekungan yang dapat menampung air atau sering disebut dengan rawa-rawa.

Masyarakat dahulu memang gemar memberikan nama daerah disesuaikan dengan kondisi wilayah seperti Cibodas atau sumber mata air yang masih bening.

Jadi terkait dengan nama kampung bojong. Dulunya wilayah tersebut terdapat rawa-rawa. Sehingga untuk memudahkan untuk menyebut daerah tersebut masyarakat menyebutnya kampung bojong.

Kata Bojong dalam Bahasa Sunda

Dalam bahasa Sunda, secara etimologis, Bojong taneuh palebah tikungan anu asalna panyaeuran ku kabawa palid di sahiji walungan n.k lila lila jadi luhur, oge sok bias kapanggih dina palebah amprokna dua muara walungan ; sok disebut oge bobojong 

(Artinya Tanah di tikungan yang berasal dari timbunan yang terbawa hanyut di satu sungai sampai lama kelamaan menjadi tinggi, juga suka ditemukan di tempat penemuan dua muara sungai).

Kata Bojong mempunyai arti, karena letak kampong ini menjorok ke sudut (ujung) sedangkan kata tanjakan dikarenakan keadaan tanah kampung tersebut seperti “pulau” dimana tanah-tanah disekitarnya ada yang tinggi dan rendah (landai).

.



Next Post Previous Post