Bimbel ourtdor


Bimbel ourtdor


Tangerang Talk -- Beberapa hari yang lalu, saya membaca sebuah artikel pendidikan di kompas online tentang sistem sekolah pendididkan di luar ruangan, jadi sekolah tersebut belajar sering berpindah-pindah kadang di taman, kadang dimusium. 
Disekolah tersebut  mewajibkan beberapa pelajaran, dan membebabaskan memilih pelajaran tambahan.
Mungkin sistem kurang familier bagi masyarakat indonesia, tapi bukan berarti tidak bisa diterapkan di masyarakat kita. 
Terpetik di benak saya tentang apabila ini mungkin sulit dilaksanakan di sekolah, kenapa tidak kita terapkan di sistem pendidikan non-formal, seperti lembaga bimbel, dengan sistem ini maka belajar selalu memiliki suasana baru.
Dengan sistem seperti ini, maka siswa di ajarkan bahwa belajar itu bisa dimana saja, all for education and education for all..., dan apa saja bisa di jadikan media belajar ... 
Beberapa yang jadi kendala bila sistem ini diterapkan dinegara kita yang pertama infrakstruktur dan lahan terbuka hijau yangmasih sangat sedikit, ditambah lagi panasnya cuaca karena kurangnya daerah yang asri.
Tapi semuah itu bukan sebuah halangan justru permaslahan itu menjadi tantangan bagi pengerak bimbel outdoor, sehingga mengasah skil kita untuk kreatif menyusunstrategi belajar.
Next Post Previous Post