Kumpulan Berita: MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang



Kumpulan Berita: MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang, Tangerangtalk - Kumpulan berita MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang yang berlangsung pada tanggal 11 Januari hingga 16 Januari 2024 serta diikuti peserta lomba dari 29 Kecamatan.

Puluhan Personel Satpol PP Jaga Katertiban Malam Penutupan MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Tangerang

TANGERANG - Sebanyak 55 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang dikerahkan untuk melakukan pengamanan penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang di wilayah Kecamatan Solear. 

Dalam pengamanan tersebut Satpol PP Kabupaten Tangerang bergabung bersama Trantib Kecamatan Solear dan Satlinmas, seluruh personel mengamankan lokasi acara, baik di dalam maupun di area luar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan pihaknya memploting personil pada beberapa pintu akses masuk dan lingkup panggung utama serta memberikan imbauan kepada pedagang asongan agar tidak memasuki atau berjualan di dalam Arena MTQ.

"Kami lakukan imbauan kepada pedagang asongan agar tidak berjualan dan masyarakat yang berkunjung agar tidak memasuki ke dalam arena pada proses penutupan digelar," kata Agus saat di lokasi, kata agus saat di lokasi, Selasa (16/1/2024). 

Ia menjelaskan pada proses pengamanan itu pihaknya turut membuat barikade pada titik lokasi masyarakat yang akan memeriahkan penutupan MTQ. 

Selain itu, pihaknya juga menugaskan personel Satpol PP yang melakukan tugas disekitar arena agar mengedepankan sikap humanis dalam melaksanakan tugasnya.

“Kami harap pelaksanaan penutupan MTQ Ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,”ucapnya.

Lanjutnya, kami selalu mengimbau kepada masyarakat yang datang ikut memeriahkan penutupan MTQ Ke-54 saat ini agar dapat berhati - hati terhadap barang bawaannya, hal tersebut demi mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah proses pengamanan pagelaran MTQ yang dilaksanakan selama 5 hari berjalan dengan lancar, selain itu saya ucapkan selamat kepada pemenang MTQ Ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2024, “pungkasnya.

MTQ Masuk Babak Final, Persaingan Gelar Juara Makin Ketat

Seluruh cabang yang diperlombakan pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang memasuki babak final. Berbagai peserta telah berhasil melalui babak penyisihan dan semifinal untuk mencapai tahap final, Senin (15/01/2024).

MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana memperkuat tali silaturahmi antarmasyarakat Kabupaten Tangerang melalui kecintaan bersama terhadap Al-Qur'an. Para kafilah MTQ ke-54 tersebut berlomba dengan penuh semangat untuk memperoleh hasil maksimal.

Dewan Hakim MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang, K.H Samsul Anwar mengatakan, peserta yang tampil pada babak final adalah peserta yang memperoleh nilai tertinggi pada babak penyisihan yang pengaturannya disesuaikan dengan jumlah peserta.

“Peserta yang tampil pada babak final adalah peserta yang terbaik, serta masing-masing kafilah kecamatan Kabupaten Tangerang menampilkan penampilan terbaiknya,” ujarnya.

Dia menyampaikan, babak final ini tidak hanya menjadi ajang memperebutkan gelar juara, tetapi juga sebagai wadah memperlihatkan keindahan bacaan dan penghafalan Al-Qur'an bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Kami berharap MTQ untuk selanjutnya atau pun berikutnya mudah-mudahan lebih maju dan serta meriah lagi,” tuturnya.

Sementara itu, peserta final MTQ Muhammad Farhan bersyukur bisa masuk ke babak Final. “Saya sungguh tidak mengira bisa masuk di babak final, apa pun hasilnya sudah menjadi keputusan Dewan Hakim dan menjadi keputusan yang terbaik,” ujarnya.

Dia berharap, Musabaqah Tilawatil Qur'an khususnya di Kabupaten Tangerang bisa lebih baik lagi dan mengoptimalkan apa yang menjadi kekurangan di tahun ini.

Pastikan Lomba Berjalan Dengan Lancar, Sekda Tinjau Pelaksanaan MTQ ke-54 di Kecamatan Solear

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 MTQ tingkat Kabupaten Tangerang terus bergulir. Di hari ke-4 ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengunjungi lokasi di arena utama yang berlokasi di lapangan Perumahan Adiyasa Kecamatan Solear. Minggu (14/01/2024).

Dalam kunjungan ini, Sekda menyaksikan langsung penampilan kafilah-kafilah yang mengikuti cabang Tilawatil Dewasa & Qiroat saba'ah. Kunjungan ini dilakukan untuk memantau pelaksanaan MTQ berjalan dengan lancar.

"Hingga hari ini MTQ tingkat Kabupaten Tangerang di Solear berjalan dengan baik, setiap arena yang dan cabang yang dilombakan berjalan lancar," jelas Sekda sekaligus Ketua LPTQ Kabupaten Tangerang.

Ia menambahkan, sampai dengan hari ini, setiap kafilah juga telah melaksanakan lomba disetiap cabang. Masyarakat terus berdatangan untuk menyaksikan pagelaran MTQ ke-54 ini. Ia berharap kegiatan perlombaan dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sekda juga menekankan agar para dewan hakim bekerja secara obyektif sehingga dapat menghasilkan juara-juara yang berkualitas.

"Dengan MTQ selain membumikan Al-Quran, ekonomi di sekitar arena di Solear terus menggeliat," kata Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan peserta dan juga Dewan Hakim yang ada di arena utama MTQ.

Peserta Lomba Tilawah Dewasa & Qira'at Sab'ah Berikan Penampilan Memukau Lewat Lantunan Merdu Ayat Suci Al Qur'an

Memasuki hari pertama penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Tangerang sejumlah lomba mulai dilaksanakan, salah satunya yakni lomba Tilawah Dewasa & Qira'at Sab'ah yang berlangsung dengan khidmat.

Kegiatan tersebut digelar di Arena Utama Perum Taman Adiyasa, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Jumat (12/1/24). Para peserta mulai bersaing ketat melantunkan ayat suci Al Qur'an dengan penampilan yang memukau.

Ketua Majelis Dewan Hakim, Abdurrouf Dafi, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 13 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan. Para peserta dinilai sudah memenuhi standar perlombaan MTQ Tingkat Kabupaten Tangerang ini.

"Ada 13 peserta yang mengikuti lomba pada hari ini. Peserta yang tampil menurut kami sudah memenuhi standar untuk MTQ Tingkat Kabupaten Tangerang," katanya.

Lanjut Abdurrouf, terdapat sejumlah kategori yang menjadi penilaian dewan hakim, diantaranya adalah kategori tajwid, kategori fashahah, dan juga kategori lagu.

"Ada beberapa kategori yang memang menjadi penilaian kami, seperti tajwid yakni pelafalan huruf, lalu fashahah terkait penempatan ayat dan harakat yang sesuai, lalu kategori lagu yaitu kami menilai dari unsur seninya," ucapnya.

Melalui kegiatan ini, Abdurrouf berharap nantinya para peserta dapat terus memberikan yang terbaik dan dapat membawa nama baik Kabupaten Tangerang ke tingkat Provinsi maupun Nasional.

Pj Bupati Tangerang Buka MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang

TANGERANG - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Tangerang berlangsung meriah. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony di Lapangan Perumahan Adiyasa Kecamatan Solear, Kamis malam (11/1/24).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Andi Ony mengungkapkan kekagumannya. Pembukaan MTQ Ke-54 di Kecamatan Solear begitu meriah dengan defile peserta dari 29 kecamatan dan antusias masyarakat yang luar biasa. Mereka memenuhi arena pembukaan.

"Saya bangga dan sangat terkesan dengan pembukaan MTQ ke-54 ini. Semarak dan antusias yang luar biasa dari seluruh masyarakat. Ini merupakan bentuk upaya pencapaian tujuan pembangunan keimanan," ungkap Pj Andi Ony

Pj Bupati Andi Ony mengajak seluruh elemen masyarakat menyukseskan pelaksanaan MTQ ke-54 tersebut dan berharap melalui MTQ ke-54 di Kecamatan Solear dapat melahirkan qari dan qariah terbaik  yang dapat mewakili Kabupaten Tangerang di even MTQ Provinsi Banten nantinya.


"Kita sudah 2 tahun berturut-turut menjadi juara umum MTQ Tingkat Provinsi Banten, harapannya tahun ini untuk ketiga kali berturut-turut, kita bisa raih kembali dan mempertahankan gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten," harapnya.

Dia menandaskan pelaksanaan MTQ bukan hanya menguji kemahiran membaca Al-Qur'an tetapi yang lebih penting bagaimana meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"MTQ bukan hanya menguji keterampilan baca Al-Qur'an, tetapi juga menilai sejauh mana kita mampu meresapi dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Untuk itu, Pj Bupati Andi Ony mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan MTQ sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri, baik dari segi spiritual maupun intelektual. 

"Mari kita tingkatkan kualitas bacaan kita dan renungkan makna yang terkandung dalam setiap ayat yang kita baca. Saya yakin dengan semangat dan tekad yang kuat, kita akan mampu meraih hasil yang memuaskan," ajaknya.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang mengungkapkan pelaksanaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2024 digelar di Kecamatan Solear, berlangsung selama 6 hari dimulai dari tanggal 11 hingga tanggal 16 Januari 2024.

"Pada MTQ ke 54 di Kecamatan Solear ini sebanyak 1323 peserta dari 29 kecamatan, ini merupakan jumlah peserta terbanyak selama penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Tangerang, dengan 14 arena," ungkap Maesyal Rasyid.

Dia mengatakan hasil seleksi dan pemenang dari setiap cabang yang dilombakan akan dibina lebih lanjut, dipersiapkan secara matang untuk mewakili Kabupaten Tangerang pada MTQ Provinsi Banten.

Kembang Api Warnai Langit Malam Pembukaan MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Tangerang

Kumpulan Berita: MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang


Ribuan warga disuguhi oleh kemeriahan pesta kembang api yang dipentaskan di Perumahan Taman Adiyasa, Kecamatan Solear, Kamis (11/1/2024). Pesta kembang api tersebut merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang. 

Pesta kembang api itu sengaja dipusatkan di lokasi pelaksanaan MTQ di daerah Kecamatan Solear. Sebagai media informasi kepada masyarakat bahwa di wilayah tersebut akan dilaksanakan acara MTQ.

Selepas salat Isya, ribuan warga Kabupaten Tangerang dari berbagai penjuru tampak hadir menyaksikan kemeriahan pembukaan MTQ. Namun sebelumnya, warga terlebih dahulu disuguhkan berbagai penampilan.

Langit di Perumahan Taman Adiyasa malam ini terlihat berwarna-warni saat kembang api dilepas ke udara. Pada kesempatan itu salah seorang warga Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Heni Astuti sangat senang melihat pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang. 

"Pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang tadi sungguh luar biasa, pesta kembang apinya sangat indah, ditambah dengan penampilan Alma Esbeye yang syahdu nyanyinya," ungkapnya. 

Menurut Heni, pembukaan dan pagelaran MTQ ke-54 ini yang diselenggarakan di Kabupaten Tangerang serasa mengikuti MTQ tingkat Provinsi saja. "Selain semarak, daya tarik panggung yang besar dan berwarna warni juga menjadi daya tarik tersendiri," ucapnya.

Apalagi, katanya, melihat performa Alma Esbeye yang sangat disukai oleh masyarakat yang hadir di sini. Sehingga dirinya dan mungkin masyarakat lupa kalau waktu sudah tengah malam. "Saya enggak tau kalau ini sudah larut malam, saking menikmati kegiatan pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang ini," pungkasnya. (Humas)

MTQ Kabupaten Tangerang Digelar, Satpol PP Beri Pengamanan Khusus Para Kafilah

Kumpulan Berita: MTQ ke-54 Kabupaten Tangerang


Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Tangerang digelar Kecamatan Solear. Para kafilah lomba baca dan hafal Qur'an tersebut sudah berdatangan, Kamis (10/01/24).

Selain mengerahkan personel untuk keamanan kegiatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang juga memberikan mengamankan khusus bagi para kafilah MTQ. 

Kepala Satpol PP Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan, pihaknya menyiagakan 55 personil Satpol PP yang disebar di 14 titik lokasi arena lomba. Puluhan personil tersebut diploting untuk mengamankan serta menjaga ketertiban selama proses pagelaran MTQ.

"Kami ploting dari masing-masing arena sebanyak 3 sampai 4 personil, yang bergabung bersama Trantib Kecamatan Solear dan bertugas menjaga di titik akses arena serta melakukan monitoring disekitar," katanya.

Ia juga menambahkan, selama proses perlombaan  Satpol PP akan turut melakukan monitoring di 14 titik lokasi arena yakni :

1. Taman Adiyasa Blok. K/L Desa Cikuya;

2. Masjid Ar-Rohman Taman Adiyasa, Desa Cikasungka;

3. Masjid Jami DR. Suud Al-Usaywi Grand Balaraja, Desa Solear;

4. Masjid Al-Ikhlas Taman Kirana Surya, Desa Pasanggrahan;

5. Masjid Raudhatul Janah Perum Taman Adiyasa, Desa Cikasungka;

6. Masjid Al-Jihad Perum Kirana Surya, Desa Pasanggrahan;

7. Masjid Al-Jihad Perum Kirana, Desa Pasanggrahan;

8. Mushola Nurul Iman, Kampung Malang Nengah, Desa Cikuya;

9. Masjid Sunan Kalijaga, Desa Solear;

10. Masjid Nurul Huda Perum Taman Adiyasa, Desa Cikuya;

11. Lapangan Halaman Depan Kantor Kecamatan Solear, 12. Gedung Serba Guna Kecamatan Solear;

13. Balai Latihan Sekolah Sunan Kalijaga Desa Solear;

14. SMAN 27 Kabupaten Tangerang, Desa Cirendeu.

Lanjut Agus, dalam proses pengamanan serta menciptakan ketertiban pada masa pagelaran MTQ Ke-54 ini, pihaknya juga turut memberikan pelayanan keamanan ekstra terhadap para kafilah dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

"Saya ucapkan selamat bertanding kepada masing-masing kafilah perwakilan kecamatan wilayah Kabupaten Tangerang, semoga dapat memberikan yang terbaik untuk kecamatannya," ucapnya.

Selain itu, ia mengimbau seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Tangerang untuk bersinergi dengan Trantib Kecamatan serta aparat yang turut bertugas mengamankan pagelaran MTQ Ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang ini dengan mengedepankan sisi humanis pada saat melaksanakan tugas di lapangan.

Sebagai informasi, pagelaran MTQ Ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang ini akan berlangsung selama 6 hari, pada tanggal 11 Januari hingga 16 Januari 2024 serta diikuti peserta lomba dari 29 Kecamatan. (Humas)

Next Post Previous Post