PNM Mengadakan Ruang Pintar di Garut

PNM Mengadakan Ruang Pintar di Garut

Garut, Tangerangtalk.Online - PNM (PT Permodalan Nasional Madani) mengadakan Ruang Pintar di Garut, Jawa Barat dengan tujuan memajukan digitalisasi sekolah.

Ruang kelas tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti Wifi, perangkat laptop dan mouse, paket buku, serta perlengkapan kelas lainnya. PNM Menyediakan Tenaga pengajar juga  untuk mendampingi siswa dalam proses pembelajaran. Setiap kelas dapat menampung minimal 35 anak.

Pandemi COVID-19 telah mengubah rutinitas pasca pandemi beberapa tahun yang lalu dan sektor pendidikan terkena dampaknya. Melakukan pembelajaran online atau daring menjadi lebih umum. Hal ini memerlukan penggunaan teknologi dan akses internet bagi pengajar dan siswa. Menurut penelitian UNESCO, sekitar 1,5 miliar anak di dunia terhambat akses sekolah akibat pandemi, termasuk di Indonesia yang merupakan salah satu dari 188 negara yang terkena dampak tersebut. Pada akhir 2022, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan  (Kemendikbud)  bahwa 40% sekolah di Indonesia masih belum memiliki akses internet.

PNM merasakan pentingnya pemulihan terhadap tantangan ini, terutama dalam bidang pendidikan sebagai bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL) Perusahaan. Dengan menjalin kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat, Ruang Pintar didirikan untuk memberikan akses kepada anak-anak sekolah yang belum memiliki teknologi dan akses internet agar tetap dapat mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan sambil bermain.

PNM Rutin Kunjungi lokasi Ruang Pintar Cisurupan

Abu Hassan, Pemimpin Cabang PNM Garut, menjelaskan bahwa setiap bulan pihaknya melakukan kunjungan ke lokasi Ruang Pintar Cisurupan untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat dan anak-anak. Pihaknya melakukan  evaluasi berdasarkan masukan dan kesaksian anak-anak dan masyarakat agar program ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

Salah satu siswa dari Cisurupan, Reja, merasa bersyukur dengan hadirnya Ruang Pintar. Ia menyatakan bahwa sebelumnya harus bergantian menggunakan internet dengan tetangga atau membayar di warnet. Sekarang, mereka bisa menggunakan komputer bersama-sama dengan teman-teman, yang membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

PNM mendirikan 154 Ruang Pintar di seluruh Indonesia selain di Garut . Program ini sudah berjalan selama kurang lebih 2 tahun, dan PNM terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan program ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang nyata. Dalam upaya memajukan bangsa, PNM berkomitmen untuk memberikan aksi nyata kepada masyarakat Indonesia. (Sayuti)

Next Post Previous Post