Pj Sekda Virgojanti: Kumpulan Berita

Berikut ini adalah kumpulan berita tentang Pj Sekda Virgojanti yang diambil dari berbagai sumber resmi resmi.


Tangerangtalk.online - Berikut ini adalah kumpulan berita tentang Pj Sekda Virgojanti yang diambil dari berbagai sumber resmi resmi.

 

Pj Sekda Virgojanti Buka Lomba Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Lingkungan Setda Provinsi Banten



Masih dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78 tahun 2023, Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten mengadakan perlombaan antar Biro yang ada di Sekretariat Daerah Provinsi Banten, di Lapangan Setda Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang. Jum’at, (18/08/2023)

Kegiatan ini diawali dengan senam bersama yang diikuti langsung oleh Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar, Penjabat Sekretaris Daerah ( Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti, Plt Inspektur Daerah Provinsi Banten Tranggono, para Staf Ahli Gubernur, para Kepala Biro dan seluruh pegawai Sekretariat Daerah Provinsi Banten..

Dalam sambutannya, Virgojanti menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Banten . Ia menyampaikan, kegiatan ini untuk memperkuat  dengan rasa kebersamaan, saling mengisi dan saling memotivasi.

“Kegiatan ini bentuk lain dari kita mengisi kemerdekaan. Semoga melalui ini kita bisa membuka ruang solidaritas yang memberikan kinerja terbaik,” ungkap Virgojanti saat membuka Perlombaan 17 Agustus di lingkungan Setda Provinsi Banten.

Menurutnya dengan kemerdekaan yang tidak mudah diraih, sebagai generasi penerus kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba. Tetapi untuk mengembangkan rasa kebangsaan dengan mengisi  kemerdekaan melalui kegiatan yang positif.

“Melalui kegiatan lomba ini kita saling memupuk rasa cinta tanah air serta tak lupa persaudaraan, kekompakan dan membangun kerjasama, yang tidak bisa dilakukan jika kita hanya sendiri, ” ungkapnya.

Selain itu, Virgojanti juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat silaturahmi antar biro. Dengan saling mengenal satu sama lain, maka para pegawai mampu melaksanakan tugas fungsinya dengan baik.

“Melalui kegiatan ini juga kita bisa saling kenal, apalagi Setda fungsinya memfasilitasi OPD lainnya. Maka dari itu kegiatan ini saya harap bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua,” katanya.

Tidak hanya itu, menurut Virgojanti kegiatan ini juga bisa meningkatkan kreativitas para pegawai. Tidak hanya kreatif dalam melaksanakan tanggung jawab, tetapi kreatif dalam melakukan komunikasi antar sesama.

Dengan demikian, Virgojanti berharap melalui kegiatan ini mampu mengembangkan lingkungan yang terbuka di antara para pegawai. Sehingga, mampu menciptakan sebuah upaya kolaborasi dalam pelaksanaan kinerjanya.

“Intinya kita bangun solidaritas, kekompakan dan terbuka akan hal-hal baru. Sehingga dengan apa yang didapat baik fisik dan lahir kita bisa memberikan yang terbaik nantinya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kategori perlombaan yang diperlombakan pada kegiatan ini di antaranya fashion show terunik dan terlucu, make up berpasangan, jepit terong dan masih banyak lagi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Setda Provinsi Banten yang terdiri dari pegawai Biro Umum, Biro Administrasi dan Protokol (Adpimpro), Biro Hukum, Biro Barang dan Jasa (Barjas), Biro Organisasi, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Pemotda) dan Biro Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Provinsi Banten.

Buka Sosialisasi Antikorupsi, Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti : Tingkatkan Integritas Seluruh Pegawai

Penjabat  Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan,  Sosialisai Antikorupsi di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk meningkatkan nilai integritas bagi seluruh pegawai dan menguatkan tata kelola internal pemerintahan.  Selain itu,  dalam rangka meningkatkan indeks persepsi korupsi di Indonesia. 

“Tentu dalam hal ini tidak akan terwujud bila tidak dilaksanakan disetiap seluruh jajaran pemerintah daerah," ungkap Virgojanti usai membuka kegiatan Sosialisasi Antikorupsi di Lingkungan Pemprov Banten yang diselenggarakan Inspektorat Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Rabu (9/8/2023).

Selanjutnya, Virgojanti menyatakan kegiatan tersebut dapat mematangkan langkah dalam pelayanan publik, khususnya terkait pemberantasan korupsi. Untuk itu, Pemerintah Daerah dituntut memberikan hal yang terbaik, dan terlepas dari proses korupsi dan kolusi. 

“Lebih diutamakan pada kegiatan yang rawan tindakan korupsi, seperti dalam pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan perizinan dan lainnya," katanya.

Virgojanti menegaskan, pemberantasan korupsi menjadi utama dalam upaya pemerintah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, disamping meningkatkan capaian kinerja pemerintah dalam upaya memberikan kesejahteran kepada masyarakat. 

"Hal itu berbagai upaya yang kita tujukan untuk meningkatkan nilai integritas bagi seluruh pegawai yang ada di Pemprov  Banten," imbuhnya.

Sementara, Plt Inspektur Daerah Provinsi Banten M Tranggono menyampaikankan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta pegawai Pemerintah Provinsi Banten dalam mencegah tindak pidana korupsi dan tindak pidana lainnya. 

"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini ada beberapa hal, terutama kaitannya dengan pendoman bagi pemerintah daerah dalam antikorupsi, meningkatkan kualitas dan mendorong terbentuknya tata kelola pemerintah daerah yang bersih, berwibawa, transparan, tidak diskriminatif, akuntabel dan bebas dari praktek korupsi kolusi dan nepotisme," ujarnya.

Tranggono menuturkan dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa meteri yang disampaikan, diantaranya pengenalan tindakpidana korupsi, upaya program pemberantasan korupsi daerah, inovasi dalam pencegahan korupsi daerah, capaian dan evaluasi indeks pencegahan korupsi serta pengelolaan dan evaluasi benturan kepentingan pada pemerintah daerah. 

Adapun para peserta dalam kegiatan sosialisasi antikorupsi di Lingkungan Pemprov Banten diantaranya Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah, Staf Ahli Gubernur, dan para Asisten Daerah Provinsi Banten. (Humas)

Rayakan HUT RI ke-78, Pj Sekda Provinsi Banten Lepas Gowes Kebangsaan


Pj Sekda Virgojanti: Kumpulan Berita


Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Virgojanti melepas ratusan peserta gowes yang diikuti oleh masyarakat Banten dari berbagai daerah dan lintas komunitas gowes, di Alun-alun Kota Serang, Sabtu (5/8/2023). 

Gowes kebangsaan yang digagas oleh Kesbangpol Provinsi Banten itu merupakan awal rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI ke-78 dengan titik akhir di lapangan Pancaniti, KP3B, Kota Serang. 

Sebelum gowes dimulai, PJ Sekda Banten Virgojanti bersama sejumlah kepala OPD di Lingkungan Pemprov Banten membagikan bendera merah putih kecil yang dipasang di sepeda para peserta gowes. 
Kepada para peserta gowes Pj Sekda Banten Virgojanti mengatakan, para pahlawan pejuang kemerdekaan telah banyak berkorban demi tercapainya sebuah kemerdekaan ini. 

Untuk itu, sebagai anak bangsa harus menghargai perjuangan itu salah satunya dengan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik dan positif seperti gowes ini. 

"Melalui kegiatan ini kita mempunyai satu harapan dimana untuk mengisi pembangunan kita harus sehat. Ini Investasi masa depan juga, karena kalau fisik kita lemah, kita tidak akan sampai pada apa yang diharapkan," kata Virgojanti. 

Bangsa Indonesia, lanjut Virgojanti, tengah menyongsong generasi emas Indonesia maju di usia satu abad nanti pada tahun 2024. Untuk menuju tercapainya tujuan itu, diperlukan SDM yang unggul dalam berbagai bidang. 

"Maka dari itu, kita harus terus mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai prestasi dan pembangunan yang berkelanjutan," ujarnya. (Humas Banten)

Pj Sekda Virgojanti : Pemprov Banten Apresiasi Program TNI AD Manunggal Air Bersih

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada TNI AD dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman yang telah melaksanakan kegiatan TNI AD Manunggal Air Bersih di Provinsi Banten.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti pada saat kegiatan Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023 dan pencanangan percepatan penurunan stunting di Kampung Lebaksangka, Desa Lebakgedong, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Selasa (25/7/2023).

"Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Kasad beserta jajaran yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka mempercepat upaya penanganan stunting khususnya di Provinsi Banten dan juga di Kabupaten Lebak melalui bakti TNI Manunggal dengan membangun sarana fasilitas air bersih," ungkapnya.

Dikatakan, fasilitas air bersih tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih di daerah ini merupakan wilayah yang memiliki ketinggian hampir 1.000 mdpl serta memiliki sumber daya air yang cukup banyak.

Namun, kata Virgojanti, karena terdapat berbagai kendala seperti perbedaan ketinggian dan sebagainya ini mengakibatkan masyarakat sedikit kesulitan untuk mengakses air bersih.

"Sehingga dibutuhkan satu teknologi yang tepat guna untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka mengoptimalkan sumber daya air yang ada di Kabupaten Lebak ini," katanya.

Pada kesempatan itu, Virgojanti menuturkan terkait dengan cakupan ketersediaan air bersih di Provinsi Banten, untuk air bersih non perpipaan telah mencapai 97 persen. Sedangkan air bersih  perpipaan baru mencapai 50 persen.

"Sehingga dengan yang dilaksanakan hari ini juga akan mempertinggi cakupan air bersih di Provinsi Banten, maka saya berpesan kepada Camat dan Kepala Desa untuk dapat meningkatkan apa yang telah dirintis oleh TNI AD ini dengan menyambungkan ke seluruh rumah," imbuhnya.

Selanjutnya, terkait dengan penanganan stunting, Virgojanti menyampaikan pada tahun 2022 prevalensi stunting di Provinsi Banten berada pada 20 persen dan berdasarkan data pada bulan Februari 2023 lalu sudah terdapat penurunan sekitar 3,6 persen.

"Sehingga saat ini posisi prevalensi stunting di Provinsi Banten sebesar 16,4 persen, mudah-mudahan di 2023 ini bisa kita tuntaskan sehingga di 2024 nanti bisa dibawah 14 persen," jelasnya.

Sementara, Kasad Jenderal TNI Dudung mengatakan program TNI Manunggal Air Bersih yang dicanangkan dirinya di awal-awal menjabat sebagai Kasad adalah bentuk pengejawantahan dari pesan dan arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Ada perintah dan pesan yang harus dilaksanakan dari Bapak Presiden kita. Beliau menyampaikan Pak Dudung, pasca Covid-19 banyak yang terdampak ada yang PHK, dan sebagainya. Hal itu berdampak ke masalah kesehatan," ujarnya.

"Maka sejahterakan masyarakat Indonesia untuk membantu pemerintah daerah dan sejahterakan prajurit," sambungnya.

Lebih lanjut, Kasad menjelaskan, air adalah sumber dari segala sumber kehidupan. Karenanya, dirinya menargetkan pembangunan fasilitas air bersih menjangkau seluruh wilayah khususnya wilayah terpencil.

"Target saya, wilayah terkecil yang tak terjangkau pemerintah daerah, TNI harus hadir. Babinsa harus tahu kesulitan rakyatnya. Kita berbakti untuk rakyat tidak perlu mikir," tegas Jenderal TNI Dudung.

Di tempat yang sama, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan kegiatan tersebut merupakan sebagai wujud kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat. 

"Manakala masyarakat memiliki kesulitan, jangan sungkan untuk berbicara pada kami. Kami akan selalu siap membantu," tandasnya.

Sebagai informasi, dalam Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Bersih, terdapat 1.345 titik mata air yang diresmikan di mana 277 titik diantaranya terhubung langsung dengan Kasad melalui video conference.

Selain itu, dalam kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Lebak juga terdapat kegiatan khitanan massal, pengobatan gratis, stand UMKM hingga bedah rutilahu untuk masyarakat tidak mampu di wilayah tersebut. (Humas)

Pj Sekda Banten Virgojanti dilantik 

Banten, Tangerangtalk - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar melantik Virgojanti menjadi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (24/7/2023).

Pelantikan dilakukan setelah Al Muktabar mendapatkan surat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1006/3400/SY terkait Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Banten.

Selain surat persetujuan, dasar dari pelantikan itu juga mengacu pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Banten Nomor 821/Kep.63-BKD/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Sekda Provinsi Banten.

“Sesuai peraturan, ketika Sekda Banten mendapatkan penugasan menjadi Pj Gubernur Banten, maka harus ditunjuk PJ Sekda Banten setelah mendapat persetujuan Mendagri untuk kemudian dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah,” kata Al Muktabar.

Al Muktabar mengingatkan agar Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi). Atas hal itu, seluruh unsur Forkopimda dan juga Kepala OPD akan mendukung penuh segala program yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan bersama untuk mempersembahkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Saya apresiasi atas kinerja kita bersama dan seluruh jajaran Forkopimda yang telah menjalankan segala programnya dengan baik, aman dan tentram sehingga agenda pembangunan, pelayanan dan kemasyarakatan yang menjadi ukuran indikator kinerja kita bisa tercapai dengan baik,” jelasnya.

Berkat kekompakan itu, lanjutnya, penurunan angka kemiskinan bisa dilakukan dengan baik, inflasi terkendali dengan baik, investasi meningkat. 

“Kita juga mendorong Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Beriwsata di  Indonesia (BBWI). Produk dalam negeri terus kita optimalkan, karena itu bagian mandatory Presiden,” ujarnya.

Setelah prosesi pelantikan berakhir, seluruh Kepala OPD dan beberapa Forkopimda memberikan ucapan selamat. (Humas)


Berikut adalah jenjang karier Virgojanti:

  • 1997-2002: Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag) Kabupaten Lebak
  • 2002-2007: Kepala Subbagian Program dan Pelaporan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Lebak
  • 2007-2012: Kepala Bidang Program dan Pelaporan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lebak
  • 2012-2017: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag) Kabupaten Lebak
  • 2017-2022: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak

Virgojanti juga pernah menjabat sebagai Pejabat Direktur RS Ajidarmo dan Pejabat Sekda Lebak. Ia telah menerima berbagai penghargaan atas prestasinya, termasuk Anugerah Perempuan Indonesia VIII 2022 (API-VIII-2022) dalam kategori Pemimpin Lingkungan Hidup Provinsi Banten.

Virgojanti adalah seorang wanita yang tangguh, berwawasan luas, dan intelektual. Ia juga seorang ibu dan istri yang baik. Ia telah membuktikan bahwa wanita dapat berkiprah di berbagai bidang, termasuk di bidang pemerintahan. (Berbagai Sumber)




Next Post Previous Post