Bagaimana cara menulis surat lamaran yang menarik perhatian?

Bagaimana cara menulis surat lamaran yang menarik perhatian?


Tangerangtalk.Online - Surat lamaran adalah kesempatan Anda untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa Anda cocok untuk pekerjaan tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat surat lamaran yang menarik perhatian HRD:

- Gunakan bahasa yang profesional dan jelas. Sesuaikan surat lamaran Anda dengan posisi yang dilamar.

- Gunakan format profesional. Tuliskan tanggal dan tempat penulisan surat, tujuan surat dan nama perusahaan, salam pembuka dan kata pengantar, data diri, pengalaman kerja atau keahlian lainnya, lampiran, dan penutup .

- Kulik informasi mengenai perusahaan dan posisi yang akan Anda lamar. Tunjukkan minat Anda akan posisi tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan.

- Jabarkan pengalaman dan kualifikasi Anda yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Berikan contoh konkret dari pencapaian atau proyek yang telah Anda kerjakan sebelumnya.

- Masukkan aspek kepribadian Anda yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan. Jangan lupa untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan Anda secara jujur dan positif.

- Nyatakan apresiasi Anda atas kesempatan yang diberikan dan harapan Anda untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Sertakan juga informasi kontak Anda agar mudah dihubungi oleh HRD.


Contoh surat lamaran:


Jakarta, 2 Juni 2023

Yth. Bapak/Ibu HRD

PT XYZ

Jl. ABC No. 123

Jakarta


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Rina Sari

Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, 10 Januari 2000

Pendidikan Terakhir: S1 Manajemen Bisnis

Alamat: Jl. DEF No. 456

Telepon/Email: 08123456789/rinasari@gmail.com


Bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Marketing Executive di PT XYZ yang telah saya lihat melalui website lowongan kerja.

Saya adalah lulusan S1 Manajemen Bisnis dari Universitas GHI dengan IPK 3.75. Saya memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun sebagai Marketing Assistant di PT JKL, sebuah perusahaan digital marketing. Di sana, saya bertanggung jawab untuk membuat strategi pemasaran online, mengelola media sosial, membuat konten, dan melakukan analisis data.

Saya memiliki keterampilan komunikasi, negosiasi, presentasi, dan penjualan yang baik. Saya juga mampu bekerja secara tim maupun mandiri, beradaptasi dengan situasi yang berubah, dan belajar hal-hal baru dengan cepat. Saya memiliki minat yang besar terhadap bidang marketing, khususnya digital marketing.

Saya tertarik untuk bergabung dengan PT XYZ karena saya mengagumi visi dan misi perusahaan dalam memberikan solusi teknologi yang inovatif dan berkualitas bagi pelanggan. Saya yakin saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dengan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV, ijazah, transkrip nilai, sertifikat pelatihan, dan portofolio saya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Rina Sari

Next Post Previous Post