Apa yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan?

Apa yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan?


Tangerangtalk.Online - Melamar pekerjaan adalah langkah penting yang harus dilakukan dengan baik dan persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan, antara lain:

1. Menentukan tujuan karir. 

Sebelum melamar pekerjaan, kita harus mengetahui apa tujuan karir kita dan apa jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kita. Dengan menentukan tujuan karir, kita bisa lebih fokus mencari lowongan pekerjaan yang relevan dan sesuai dengan harapan kita.

2. Membuat CV dan surat lamaran yang menarik. 

CV dan surat lamaran adalah dokumen penting yang akan menjadi pertimbangan pertama bagi perusahaan dalam menyeleksi pelamar. Oleh karena itu, kita harus membuat CV dan surat lamaran yang menarik, informatif, dan profesional. CV dan surat lamaran harus mencerminkan kualifikasi, pengalaman, prestasi, dan kelebihan kita sebagai pelamar. Selain itu, CV dan surat lamaran juga harus disesuaikan dengan posisi dan perusahaan yang dilamar.

3. Mempersiapkan diri untuk wawancara. 

Wawancara adalah tahap selanjutnya yang harus dihadapi oleh pelamar setelah lolos seleksi administrasi. Wawancara adalah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kepribadian, kompetensi, dan motivasi kita kepada perusahaan. Untuk mempersiapkan diri untuk wawancara, kita harus melakukan riset tentang perusahaan, posisi, dan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan. Selain itu, kita juga harus berlatih menjawab pertanyaan dengan percaya diri, sopan, dan jelas.

4. Mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung. 

Selain CV dan surat lamaran, ada beberapa dokumen pendukung yang mungkin diminta oleh perusahaan, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat keahlian, portofolio, referensi, dan lain-lain. Kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan baik dan memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut asli dan valid.

5. Mempersiapkan mental dan fisik. 

Melamar pekerjaan adalah proses yang bisa menimbulkan stres dan tekanan bagi pelamar. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan mental dan fisik kita agar tetap tenang, optimis, dan siap menghadapi tantangan. Kita bisa melakukan hal-hal yang membuat kita rileks, seperti berolahraga, meditasi, mendengarkan musik, atau berdoa. Kita juga harus menjaga kesehatan tubuh kita dengan makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan tidur yang berkualitas.

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas sebelum melamar pekerjaan, kita bisa meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan impian kita.

Next Post Previous Post