Anda Baru Lulus, Ini 10 Tips melamar Kerja

Anda Baru Lulus, Ini 10 Tips melamar Kerja


Tangerangtalk.online - Anda baru saja lulus dari perguruan tinggi dan ingin segera mendapatkan pekerjaan? Tentu saja, Anda harus bersaing dengan banyak pelamar lain yang juga memiliki kualifikasi yang baik. Bagaimana cara agar Anda bisa menonjol dan mendapatkan pekerjaan impian Anda? Berikut adalah 10 tips dan trik melamar kerja untuk lulusan baru yang bisa Anda coba.

1. Buat CV yang menarik dan profesional. 



CV adalah dokumen pertama yang akan dilihat oleh pihak perusahaan. Pastikan Anda memilih foto yang formal, menulis informasi yang penting dan terbaru, serta menggunakan desain yang sederhana dan rapi.

2. Sesuaikan CV dengan pekerjaan yang dilamar. 

Sesuaikan CV dengan pekerjaan yang dilamar.


Jangan mengirimkan CV yang sama untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Sesuaikan skill, pengalaman, dan prestasi Anda dengan kriteria yang dicari oleh perusahaan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memang tertarik dan cocok dengan pekerjaan tersebut.

3. Manfaatkan jaringan atau networking Anda. 

Manfaatkan jaringan atau networking Anda


Jika Anda memiliki kenalan atau teman yang bekerja di perusahaan yang Anda incar, mintalah bantuan mereka untuk memberikan referensi atau informasi tentang pekerjaan tersebut. Hal ini bisa meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil wawancara atau bahkan diterima.

4. Cari tahu tentang perusahaan yang Anda lamar. 

4. Cari tahu tentang perusahaan yang Anda lamar.


Sebelum melamar atau wawancara, lakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar. Pelajari tentang visi, misi, produk, layanan, budaya, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri dengan perusahaan dan memberikan jawaban yang tepat saat wawancara.

5. Latih kemampuan wawancara Anda. 

5. Latih kemampuan wawancara Anda.


Wawancara adalah tahap penting dalam proses melamar kerja. Anda harus bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang terbaik untuk pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, latihlah kemampuan wawancara Anda dengan cara berlatih di depan cermin, meminta bantuan teman atau keluarga untuk berperan sebagai pewawancara, atau menggunakan aplikasi simulasi wawancara.

6. Tunjukkan sikap positif dan percaya diri saat wawancara. 

Saat wawancara, tunjukkan sikap positif dan percaya diri kepada pewawancara. Senyum, jabat tangan dengan erat, tatap mata pewawancara, bicara dengan jelas dan sopan, serta dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum menjawab. Hindari sikap negatif seperti mengeluh, berbohong, mengkritik, atau menyela pewawancara.

7. Persiapkan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan saat wawancara. 

Saat wawancara, biasanya pewawancara akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya tentang pekerjaan atau perusahaan tersebut. Manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan ketertarikan dan antusiasme Anda terhadap pekerjaan tersebut. Tanyakan hal-hal yang relevan dan penting, seperti tanggung jawab pekerjaan, harapan perusahaan, kesempatan berkembang, atau fasilitas yang diberikan.

8. Kirim surat ucapan terima kasih setelah wawancara. 

Setelah wawancara selesai, kirim surat ucapan terima kasih kepada pewawancara melalui email atau media sosial lainnya. Ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, ulangi minat dan kualifikasi Anda terhadap pekerjaan tersebut, serta sampaikan harapan Anda untuk mendapatkan kabar selanjutnya dari perusahaan tersebut.

9. Bersabar menunggu hasil seleksi. 

Setelah melamar dan wawancara, bersabarlah menunggu hasil seleksi dari perusahaan tersebut. Jangan terburu-buru menghubungi pihak perusahaan untuk menanyakan hasilnya, karena hal ini bisa menimbulkan kesan tidak profesional atau tidak sabaran. Biasanya, pihak perusahaan akan menginformasikan hasil seleksi dalam waktu tertentu sesuai dengan prosedur mereka.

10. Terus belajar dan berkembang.

 Jika Anda berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda, selamat! Namun jangan berhenti belajar dan berkembang sebagai profesional di bidang Anda. Jika Anda belum berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda, jangan putus asa! Terus belajar dari pengalaman melamar kerja sebelumnya dan cari tahu apa yang bisa Anda perbaiki untuk melamar kerja selanjutnya.


Demikian 10 tips dan trik melamar kerja untuk lulusan baru dalam 300 kata. Semoga bermanfaat dan sukses!

Next Post Previous Post