Resensi Buku: "Pelajaran untuk Abad ke-21"

Resensi Buku: "Pelajaran untuk Abad ke-21"
Sumber gambar: Gramedia

Tangerang, Tangerangtalk.OnlineBuku "Pelajaran untuk Abad ke-21" yang ditulis oleh Youval Harari adalah sebuah karya yang memperkenalkan pemikiran dan gagasan yang menantang tentang dunia yang kita tinggali saat ini dan masa depannya. 

Harari, seorang sejarawan dan intelektual terkenal, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendalam dan merangsang pemikiran kita tentang perubahan-perubahan yang akan terjadi di abad ke-21.

Dalam buku ini, Harari menggali berbagai isu global yang penting seperti perubahan teknologi, pemanasan global, pengembangan kecerdasan buatan, dan pertanyaan etis seputar perkembangan ilmu genetika. Dia mengajak pembaca untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas dan mempertanyakan asumsi-asumsi yang telah lama kita terima.

Salah satu aspek menarik dari buku ini adalah pendekatannya yang interdisipliner. Harari menggunakan perspektif sejarah, sosiologi, biologi, dan filsafat untuk memahami tantangan-tantangan yang dihadapi oleh umat manusia di abad ke-21.

Dia menghubungkan perkembangan teknologi dengan dampak sosial dan psikologis yang kompleks, serta memberikan analisis yang tajam tentang perubahan sosial dan politik yang mungkin terjadi.

Harari juga mengeksplorasi gagasan-gagasan seperti kebebasan, kebahagiaan, dan tujuan hidup manusia di era modern. Dia mengajak kita untuk merenungkan ulang nilai-nilai dan tujuan kita dalam menghadapi perubahan-perubahan drastis yang sedang terjadi di dunia ini.

Meskipun buku ini mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan mungkin kontroversial, Harari menyampaikannya dengan gaya penulisan yang jelas dan mudah dipahami. 

Buku ini cocok untuk pembaca yang ingin memperluas wawasan mereka tentang masa depan umat manusia dan ingin berpikir secara lebih mendalam tentang isu-isu global yang kompleks.

Secara keseluruhan, "Pelajaran untuk Abad ke-21" adalah sebuah karya yang menggugah pemikiran dan memicu diskusi tentang masa depan umat manusia. 

Harari berhasil menyajikan gagasan-gagasan yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami, dan membantu pembaca untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas. 

Buku ini direkomendasikan bagi mereka yang tertarik dalam memahami perubahan-perubahan signifikan yang akan memengaruhi dunia kita dalam abad ke-21. (Sayuti)

Next Post Previous Post