Beli 2 kali dari harganya

Saya pernah mendapatkan cerita bagus dari seseorang tentang cara dia menabung. Saya diberitahukan bahwa dia memiliki prinsip yang sederhana yaitu ketika membeli sesuatu harus memiliki uang dua kali harganya.

Misalkan dia ingin membeli handphone seharga 1 juta dirinya minimal memiliki yang sebanyak 2 juta. Sehingga ketika ada sesuatu yang urgent setelah dirinya mwmbeli, dia memiliki kemapuan untuk menyelesaikan nya.

Menyambung hal ini, Kalau merujuk dari Buku The Richest Man In Babylons mengatakan prinsip pertama untuk menjadi kaya raya adalah jangan membeli apa yang tidak mampu kamu beli.

Misalkan kita hanya memiliki uang  1 juta jangan pernah membeli barang yang berharga diatas. Ini mungkin sederhana tapi praktisnya banyak orang yang terjerat hutang akibat ketidak mampuan memahami ini.

Yang kedua adalah rutin sisihkan 10 persen dari penghasilanmu untuk menabung. Karena menurut buku ini kesempatan akan selalu datang bagi orang siap.

Meski sepertinya tidak ada korelasi antara cerita diatas dan isi buku ini. Mereka memiliki kesamaan yaitu menabung untuk menumpuk kapital adalah hal yang penting untuk menangkap kesempatan yang pasti datang di kemudian hari
Next Post Previous Post