Sejarah Perayaan Valentine

 

Sejarah Perayaan Valentine

Tangerangtalk.Online -- Perayaan Valentine's Day atau Hari Valentine berasal dari tradisi Romawi kuno yang merayakan festival Lupercalia pada tanggal 14 Februari. Festival ini merupakan perayaan kembang api dan persembahan untuk dewa cinta dan kawin, Juno Februata.

Pada abad ke-5, Paus Gelasius I memindahkan perayaan Lupercalia ke tanggal 14 Februari dan memberikan nama Saint Valentine's Day untuk menghormati seorang martir Kristen bernama Saint Valentine yang diyakini telah menjalankan tugas pastoral dan memberkati pasangan yang sedang jatuh cinta pada masa persekutuan Roma.

Pada abad ke-14, perayaan Saint Valentine's Day mulai populer di Eropa sebagai perayaan cinta dan kasih sayang antara pasangan. Dalam perkembangan selanjutnya, tradisi ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi hari khusus bagi pasangan yang jatuh cinta untuk mengekspresikan perasaan cinta dan kasih sayang.

Sampai saat ini, Valentine's Day tetap diperingati sebagai hari khusus cinta dan kasih sayang bagi pasangan dan merupakan salah satu perayaan paling populer di seluruh dunia.

Mengenal Saint Valentine

Saint Valentine atau San Valentinus adalah seorang martir Kristen yang hidup pada abad ke-3 M. Beberapa versi cerita mengatakan bahwa Saint Valentine adalah seorang imam yang menjalankan tugas pastoral dan memberkati pasangan yang sedang jatuh cinta pada masa persekutuan Roma.

Menurut legenda, Saint Valentine dikenal karena membantu pasangan yang sedang jatuh cinta untuk saling mengerti dan berhubungan meskipun dalam situasi yang sulit.

Ia dianggap sebagai pelindung cinta dan kasih sayang, dan oleh karena itu, Paus Gelasius I memindahkan perayaan Lupercalia pada tanggal 14 Februari dan memberikan nama Saint Valentine's Day untuk menghormati Saint Valentine.

Namun, ada juga versi lain yang mengatakan bahwa Saint Valentine adalah seorang imam yang ditahan dan dipenjara karena mengatur pernikahan bagi pasangan yang tidak diijinkan oleh pemerintah Roma. Dalam situasi ini, ia juga diyakini telah membantu pasangan yang sedang jatuh cinta dan memberikan berkat bagi mereka.

Walaupun belum ada bukti pasti mengenai identitas dan aktivitas Saint Valentine, namun legenda tentang peran dan jasa Saint Valentine membantu memperkuat perayaan Valentine's Day sebagai hari khusus cinta dan kasih sayang bagi pasangan.

Next Post Previous Post