Anies Baswedan dikalungkan gordon HMI oleh kader terbaik HMI Kalsel

Anies Baswedan dikalungkan gordon HMI oleh kader terbaik HMI Kalsel

 

Banjarmasin, Tangerangtalk.Online Anies Baswedan disambut hangat oleh kader HMI dan KAHMI di Kalimantan Selatan serta dikalungkan gordon HMI oleh kader terbaik HMI Kalsel saat menghadiri dialog kebangsaan di Hotel Q Dafam, Banjarmasin, Kamis (16/02/2023).

Mengutip Kbanews, Ketua Majelis Pengawasan dan Konsultasi Pengurus Cabang (MPK-PC) HMI Banjarmasin Nurdin Ardalepa mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Anies datang ke daerah dan disambut langsung oleh kader HMI serta dikalungkan gordon HMI oleh kader terbaik HMI Kalsel, yaitu Dinda Nurdin Ardalepa.

Menurut Nurdin Ardalepa, Indonesia saat ini diliputi oleh rasa ketidakpastian dan tidak menentu, baik dari segi pendidikan, kehidupan sosial, ekonomi, maupun kepastian hukum. Oleh karena itu, kader dan alumni HMI diharapkan dapat berdiri di posisi penting untuk mengubah bangsa ini.

Nurdin juga mengatakan bahwa cita-cita HMI untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur tidak akan tercapai tanpa adanya pemimpin yang berasal dari alumni HMI. Bagi Nurdin, Anies sebagai calon presiden yang berasal dari alumni HMI adalah pilihan yang tepat.

Sambutan hangat dari kader dan alumni HMI kepada Anies dapat diartikan sebagai dukungan tulus untuk mengantarkannya menjadi presiden RI. Nurdin menegaskan bahwa HMI mempersilakan kadernya untuk memilih calon pemimpin, tetapi banyak suara kader yang menginginkan Anies menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.

Pertemuan ini juga dianggap sebagai waktu yang ditunggu-tunggu oleh kader dan alumni HMI. Selama 76 tahun perjalanan, HMI telah menjadi kader umat dan bangsa yang mengabdi di segala lini, baik di pemerintahan, dunia akademisi, hingga pengusaha.

Koordinator Presidium Majelis Wilayah (KAHMI) Kalsel Prof Ahmadi Hasan menyatakan bahwa pertemuan hari ini bertepatan dengan ulang tahun ke-76 HMI, yang dirayakan oleh warga himpunan dan KAHMI se-Indonesia. Namun, Kalimantan Selatan hari ini dianggap sebagai momentum yang bersejarah karena syukuran milad dihadiri oleh calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Ahmadi Hasan berharap bahwa pertemuan hari ini menjadi stimulus dan vitamin bagi Anies untuk menjadi RI 1, karena sudah saatnya kader dan alumni HMI berada di posisi penting untuk mengubah bangsa ini.

Gordon atau selempang HMI 

Gordon atau selempang HMI adalah salah satu dari atribut HMI. Di dalam konstitusi HMI tidak ada penjelasan secara ekspilisit tentang ini, kalau secara implisit mempunyai filosofis. Muts dan Gordon adalah salah satu dari atribut HMI. Gordon sendiri adalah selempang yang dikenakan di atas bahu kanan dan melintang ke pinggang kiri. Selempang ini biasanya digunakan oleh pengurus HMI saat menghadiri acara resmi atau kegiatan HMI lainnya

KAHMI: Anies Baswedan layak didukung HMI jadi bacapres

Jakarta - Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Herman Khaeron menyatakan Anies Rasyid Baswedan layak didukung para kader HMI sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

"Anies punya kapasitas besar memimpin negara, setelah sukses memimpin DKI Jakarta," katanya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, hal itu sudah terlihat saat Musyawarah Nasional (Munas) KAHMI di Palu tahun 2022, di mana para peserta menaruh harapan besar terhadap kader terbaik HMI yakni Anies Rasyid Baswedan.

Bahkan, kata dia, saat itu Anies juga mendapatkan dukungan dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Herman berharap mantan Gubernur DKI ini dapat menjadi perekat, setelah rakyat Indonesia terpolarisasi yang begitu besar saat ini.

"Rekam jejaknya saat memimpin Jakarta, sudah terlihat bagaimana kemampuannya merekatkan masyarakat usai pilkada," ujarnya.

Dia juga mengatakan dalam organisasi HMI/KAHMI yang begitu besar, terdapat pro dan kontra atas keinginan para kader yang menginginkan Anies Rasyid Baswedan.

"Menurut saya, ini merupakan kesempatan untuk membuktikan ada kader HMI yang bisa menjadi presiden, setelah Bapak Jusuf Kalla pernah menjadi wakil presiden," katanya.

Anies Rayid Baswedan merupakan bakal calon presiden yang diusung oleh tiga partai politik yakni Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS.

Sebelumnya, Anies Baswedan telah menyampaikan lima gagasan dalam diskusi yang difasilitasi Partai Demokrat, Kamis (2/3).

Lima gagasan yang diusung Anies untuk Indonesia ke depan yakni, pertama, terkait demokrasi, Anise menginginkan agar sistem demokrasi jangan sekadar diterima begitu saja (taken for granted), dan menjaga demokrasi itu adalah tanggung jawab semua pihak.

Kedua, terkait ekonomi, Anies menginginkan ekonomi tak hanya menguntungkan segelintir pihak, namun semua pihak, dan tidak ingin ada pertumbuhan ekonomi semu.

Dia juga menginginkan sistem ekonomi juga harus melihat dan mementingkan faktor lingkungan, dan tidak ingin pertumbuhan ekonomi sejalan dengan kerusakan lingkungan.

Ketiga, terkait kebhinekaan Indonesia, Anies menginginkan masyarakat yang rukun meskipun ada banyak perbedaan identitas.

Keempat, terkait kolaborasi dan meritokrasi, bakal calon presiden ini akan mengedepankan semangat gotong royong antara masyarakat, pihak swasta, dan pemerintah.

Kelima, terkait unsur politik, Anies menginginkan politik harus berdasarkan gagasan dan rekam jejak serta persatuan dan keadilan.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (ANTARA)

Next Post Previous Post