Bagaimana menabung untuk biaya menikah di tahun 2022

Bagaimana menabung untuk biaya menikah di tahun 2022
 Bagaimana menabung untuk biaya menikah di tahun 2022


Tangerangtalk – Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol dengan salah seorang teman yang berencana menikah dalam waktu 1 - 2 tahun kedepan.


Pembicaraan tersebut cukup menarik terjadi saat menyinggung biaya pernikahan. Dia sempat insecure saat mengetahui biaya nikah teman yang lebih dahulu nikah.


Biaya pernikahan temannya tersebut mencapai Rp80 juta rupiah untuk akad dan resepsi nikah saja. Teman saya berkata bahwa tabungan dia mungkin dalam satu tahun kedepan tidak akan sampai sebanyak itu.

Dari diskusi tersebut saya mendapatkan ide untuk menuliskan beberapa tips dalam menabung untuk biaya pernikahan sebagai berikut


2

Perlu diketahui Menabung  adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga. 


Tentu saja biaya pernikahan tentulah tidak sedikit, apalagi saat memutuskan untuk melaksanakan resepsi di gedung atau hotel.


Kalau tidak dipersiapkan dengan baik maka akan sangat kesulitan untuk mengumpulkan uang tersebut. 


Tentukan Berapa Lama Akan Menabung

Sebelum memulai menabung, Pertama-tama coba perkirakan waktu kapan uang anda akan digunakan. Waktu penggunaan penting karena akan berdampak tentang bagaimana cara kita menabung

Kalau memang di bawah lima tahun, maka menabung dengan instrumen yang paling mudah dicairkan seperti tabungan dan deposito.

Kalau di atas lima tahun sampai 10 tahun kita bisa memiliki banyak variasi bentuk tabungan kita mulai dari emas, deposit, obligasi hingga Reksadana

 Kalau lebih dari itu kita bisa memilih untuk instrumental yang lebih berisiko seperti  saham, properti dan lainnya

Semakin lama waktu yang ditargetkan juga akan mempengaruhi 

Semakin panjang waktu yang kita tentukan maka akan semakin kecil uang yang harus kita sisihkan untuk mencapai target.


Sehingga strategi menabungnya juga akan berbeda tergantung berapa lama akan menabung.


Tentukan Berapa jumlah uang diperlukan 

Kedua perkirakan berapa jumlah uang yang anda butuhkan?. Jumlah ini merupakan instrumen yang penting diketahui sebelum menabung, mengingat kita akan menabung untuk konsumsi biaya pernikahan maka harus menambahkan biaya tak terduga.


Misalkan kita membutuhkan biaya Rp50 juta dalam dua tahun, maka kita harus menyisihkan setiap bulannya Rp2 jutaan. Kalau kita menargetkan dalam satu tahun kita harus menyisihkan sebesar Rp6 juta.


Saran yang terakhir adalah buat rencana keuangan sehingga semua dapat termonitor dengan baik



3

Berdasarkan tulisan diatas, saya memberikan tips mudah menabung untuk pernikahan sebagai berikut.

  1. Tentukan Jangka Waktu Menabung

  2. Tentukan Jumlah Uang yang hendak dicapai

  3. Buat rencana mencapai jumlah uang tersebut berdasarkan kondisi keuangan saat ini.

Next Post Previous Post