Informasi Yang Berkualitas

 

 

Informasi Yang  Berkualitas

 Informasi Yang  Berkualitas



TangerangtalkPenulis beberapa kali mengalami kekecewaan terhadap sesuatu. Misalkan w membuat janji dengan orang lain atau meminta orang lain melakukan sesuatu. 

Seringkali apa yang w ekspektasikan  jauh dari hasil yang dapatkan. 

 

Sebelum lebih jauh, sedikit penjelasan sedikit tentang ekspektasi, Arti ekspektasi menurut Merriam Webster Dictionary adalah tindakan atau keadaan mengharapkan. Ekspektasi juga diartikan sebagai sesuatu atau keadaan yang diharapkan. Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, ekspektasi lebih merujuk pada perasaan bahwa hal-hal baik akan terjadi di masa depan.

Karena Seringkali hasil dibawah adri ekspektasi, Akhirnya w sering menyalahkan diri w dengan ekspektasi kepada orang lain. makanya w sering sekarang lebih kepada menurunkan standar yang ekspektasikan kepada mereka.

 

Belakang w coba menggali dan mengevaluasi lebih jauh. kesalahan memang tidak sepenuhnya ke orang lain.

 

Seringkali kita tidak memberikan mengkomunikasikan informasi yang berkualitas kepada orang yang kita minta tolong atau delegasikan

sehingga mereka sering melakukan improvisasi dalam pelaksanaannya.

 

Sebenarnya, Apa sih informasi yang berkualitas itu?

Informasi yang berkualitas merupakan informasi yang dapat digunakan dalam menyelesaikan tugas serta diperlukan dalam pengambilan keputusan. 

Tentu saja informasi didapatkan dari data yang kemudian diproses yang akhirnya menjadi informasi

 

Informasi berkualitas mempunyai karakteristik antara lain relevan, akurat, tepat waktu dan lengkap.

 

Sedikit lagi w jelaskan tentan kata-kata diatas, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata Relevan adalah hal bersangkut paut, yang memiliki hubungan, atau selaras dengan. Jadi Informasi relevan bila informasi yang diberikan berkaitan dengan tugas yang diberikan.

Misalkan tugas datang tepat waktu saat janjian tapi kita memberikan informasi tentang kita pakai baju apa dan lainya yang tidak berkaitan dengan kesesuaian atas kebutuhan.

 

Kemudian, Menurut KBBI arti akurat adalah teliti, seksama, cermat, dan tepat benar. Informasi yang kita berikan jangan sampai ada yang salah sehingga hasil yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan kita. 

Sedangkan Tepat waktu diartikan sebagai tindakan mengerjakan apa yang harus kita kerjakan dengan tepat pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Kita harus kejelasan tentang waktunya jangan hanya bilang nanti siang atau sore.

dan yang pasti jangan memberikan informasi yang setengah-setengah dan berharap orang lain paham sendiri. ini yang dimaksud dengan Lengkap atau tidak kurang.(Sayuti)

 


Next Post Previous Post