KOST Literasi keuangan: Basic Money Management

KOST Literasi keuangan: Basic Money Management
Kelas Online Sumber Terbuka (KOST)

Deskripsi pembelajaran


Financial well-being dan literasi keuangan merupakan dua faktor yang penting untuk menentukan kualitas hidup individu. Namun penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan masyarakat di dunia, khususnya di negara berkembang masih kurang dan hal tersebut menjadi hambatan karena tidak mampu menghadapi kompleksitas keuangan dan tidak mampu mengambil keputusan terbaik sesuai kebutuhan karena tidak memiliki informasi yang memadai (Vitt, et al, 2000). 


Tingginya tingkat literasi keuangan diyakini juga mampu meningkatkan kesejahteraan karena dengan bertambahnya tingkat literasi keuangan maka masyarakat dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih baik sehingga perencanaan keuangan keluarga atau pribadi menjadi lebih optimal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan. Keterampilan keuangan dapat membantu seseorang untuk memahami dunia ekonomi dan membantu dalam mengambil keputusan keuangan, mempromosikan bisnis dan pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, riset ini menegaskan bahwa literasi keuangan memiliki korelasi yang positif dengan GDP Perkapita dan pertumbuhan ekonomi keuangan.


Monetary Authority of Singapore (MAS) dalam Quantitative Research on Financial Literacy Levels in Singapore (2005) menyebutkan literasi keuangan sebagai kemampuan individu untuk membuat penilaian yang tepat dan mengambil keputusan yang efektif dalam mengelola keuangannya. 




Capaian Yang diHarapkan:

  • Meningkatkan pemahaman tentang dasar literasi keuangan pribadi

  • Meningkatkan pemahaman tentang penganggaran

  • Mampu melakukan penganggaran keuangan pribadi

  • Meningkatkan pemahaman tentang pengeluaran

  • Meningkatkan  pemahaman tentang tabungan

  • meningkatkan pemahaman tentang pinjaman 


Pokok Bahasan

  • Penganggaran

  • Pengeluaran

  • Tabungan

  • Pinjaman


Tier 1 Basic Money Management

Penganggaran, Pengeluaran, Tabungan, Pinjaman dan Kredit


  1. Penganggaran Keuangan Pribadi

Penganggaran uang pribadi atau cara mengatur keuangan pribadi perlu dipahami setiap orang karena akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan. Apalagi keuangan akan selalu berhubungan dengan kehidupan Anda.


Cara mengelola keuangan sebenarnya tidak rumit jika Anda mau mempelajarinya. Untuk memiliki kondisi keuangan yang selalu stabil, ini dia cara mengatur uang yang bisa Anda terapkan.


Untuk Materi lebih lengkap silahkan baca di Modal Rakyat

Channel Youtube Tentang Penganggaran 

  1. Channel Youtube Tentang  Pengeluaran

  2. Channel Youtube Tentang Tabungan

  3. Channel Youtube Tentang Pinjaman


  1. Kredit adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan dengan dikenakan bunga. Berdasarkan Undang-Undang Perbankan, kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat disamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan ata kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dan pihak lain, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya seteah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Kredit disediakan oleh bank umum konvensional, BPR, dan Pegadaian.


Tugas

KUIS

Sertifikat Email : Justhink.malik9@gmail.com


Next Post Previous Post