Sidejob Mysterious Shopper: Dibayar Menjadi Pengunjung Misterius

Jobside Mysterious Shopper


TangerangTalk - Mysterious Shopper atau pengunjung misterius merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang menarik dapat anda lakukan. Selain cukup mudah dan tidak memerlukan kemampuan khusus tapi juga bisa mendapatkan bayaran yang cukup baik.

Biasanya pekerjaan ini diminta berkunjung ke sebuah toko/bank untuk bertransaksi dalam rangka mengecek penerapan prosedur standar oleh karyawan yang bertugas kemudian anda diminta membuat laporan yang mendetail.

Tertarik, anda bisa baca lebih lanjut...

Pengertian Mysterious Shopper

Mysterious Shopper, atau yang sering disebut juga sebagai Mystery Shopper, merupakan individu yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap layanan, produk, atau pengalaman pelanggan di suatu tempat. 

Mystery Shopping adalah program untuk mengukur integritas, kualitas, dan kuantitas layanan, atau kepatuhan terhadap peraturan internal atau eksternal, atau untuk mengumpulkan informasi spesifik tentang produk dan layanan. Tim mystery shopper melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengajukan pertanyaan, atau berperilaku dengan cara tertentu sesuai dengan skenario yang telah disetujui sebelumnya, dan kemudian memberikan laporan atau umpan balik terperinci tentang hasil tugas mereka.1

Dalam era bisnis yang kompetitif, peran Mysterious Shopper menjadi semakin penting sebagai alat untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. 

Banyak platform yang menyediakan berbagai peluang pekerjaan sampingan, juga menawarkan kesempatan bagi individu untuk menjadi Mysterious Shopper.

Cara Kerja Mysterious Shopper

Cara kerja seorang Mysterious Shopper dimulai dengan pendaftaran di platform seperti Jobside. Setelah mendaftar, seorang kerja sampingan ini akan diberikan tugas atau proyek oleh perusahaan yang membutuhkan evaluasi. 

Tugas ini dapat berupa mengunjungi toko fisik, melakukan pembelian online, atau menghubungi layanan pelanggan. Selama melakukan tugas, kerja sampingan ini harus memperhatikan berbagai aspek, termasuk kebersihan toko, keramahan staf, kualitas produk, dan efisiensi layanan.

Setelah menyelesaikan tugas, kerja sampingan ini diminta untuk memberikan laporan yang mendetail dan objektif tentang pengalamannya. Laporan ini akan digunakan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Kualifikasi menjadi Mysterious Shopper

Meskipun pekerjaan Jobside ini terdengar menarik, tidak semua orang dapat melakukannya. Terdapat beberapa kualifikasi yang diperlukan, seperti kemampuan observasi yang baik, kecermatan dalam memberikan laporan, dan kemampuan untuk tetap tidak terdeteksi saat melakukan evaluasi. Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting, karena Jobside ini perlu memberikan laporan yang jelas dan informatif.

Beberapa perusahaan mungkin juga memiliki kriteria khusus terkait usia, latar belakang pendidikan, atau pengalaman sebelumnya sebagai Jobside ini. Pada dasarnya, perusahaan mencari individu yang dapat memberikan pandangan obyektif dan jujur tentang pengalaman mereka sebagai pelanggan.

Kompensasi untuk Mysterious Shopper di Jobside

Salah satu daya tarik menjadi kerja sampingan ini adalah kompensasi yang ditawarkan. Meskipun besaran kompensasi dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas tugas dan industri yang dievaluasi, umumnya Jobside ini dibayar sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. 

Beberapa perusahaan juga memberikan bonus atau insentif tambahan untuk laporan yang sangat informatif atau membantu meningkatkan kualitas layanan.

Selain mendapatkan kompensasi finansial, menjadi Jobside ini melalui Jobside juga memberikan peluang untuk memperluas jaringan profesional, meningkatkan keterampilan observasi dan analisis, serta memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan layanan dan produk suatu perusahaan.

Kesimpulan

Menjadi Mysterious Shopper melalui Jobside tidak hanya memberikan peluang pendapatan tambahan, tetapi juga memungkinkan individu untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan dan produk di berbagai sektor industri. Dengan memahami pengertian, cara kerja, kualifikasi, dan kompensasi yang ditawarkan, individu dapat mempertimbangkan pekerjaan ini sebagai opsi menarik dalam membangun karir mereka.(Sayuti)


Refrensi:

1. https://www.integrity-indonesia.com/id/mystery/


Next Post Previous Post