MTQ ke-20 Banten: Kumpulan Berita

MTQ ke-20 Banten: Kumpulan Berita


Tangerang, Tangerangtalk.online - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-20 Provinsi Banten segera dimulai di alun-alun Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama lima hari, mulai 25 hingga 30 Juli 2023.

MTQ tingkat Banten Tangerang Juara

Tangerang- Kabupaten Tangerang dengan segala persiapan yang matang berhasil meraih juara umum dalam perhelatan MTQ XX Tingkat Provinsi Banten. 

Secara langsung, Pj Gubernur Banten, Al-Muktabar menyerahkan piala bergilir kepada Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar pada penutupan MTQ XX tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan di Alun-alun Tigaraksa Kabupaten Tangerang pada Sabtu (29/07/2023) malam.

Dengan melibatkan 7 pengawas serta 131 dewan hakim, perlombaan yang terdiri dari 12 majelis dengan 8 cabang dan 20 golongan akhirnya mencetak para pemenang yang satu persatu dipanggil kedepan panggung.

Pj Gubernur Banten, Al-Muktabar menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kabupaten Tangerang berhasil menyelenggarakan acara dengan meriah walaupun acara tersebut berada di tingkat Provinsi namun terasa seperti di tingkat nasional.

“Saya sangat berterimakasih kepada tuan rumah Kabupaten Tangerang karena telah menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini dengan megah, dan saya sangat yakin bahwa Kabupaten Tangerang berhak mendapatkan juara umum karena hasil yang didapat sangat tinggi,” ujarnya.

Kabupaten Tangerang mendapat skor dengan total keseluruhan 275 poin, hal tersebut merupakan skor tertinggi dibandingkan daerah lain. Dengan diraihnya juara umum tersebut Kabupaten Tangerang siap melangkah ke tingkat nasional.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan, rasa terimakasih kepada seluruh panitia dan juga para khafilah yang telah berpartisipasi dalam acara MTQ XX tingkat Provinsi Banten.

Ia menyebut, raihan juara ini jangan hanya dijadikan pencapaian saja, akan tetapi dapat  dijadikan suatu gerakan untuk menggaungkan syiar islam di wilayahnya masing-masing. 

“Pesan penting saya disini tidak hanya sekedar menjadi juara umum tapi bagaimana setelah kembali ke daerah masing masing para juara atau kafilah ini bisa terus mengasah dirinya dan menjadi pemimpin untuk menggerakkan syiar Islam di wilayahnya masing masing,” tutupnya.

Sebagai informasi acara MTQ XX tingkat Provinsi Banten secara resmi ditutup secara meriah dengan menampilkan berbagai penampilan seperti rampak bedug, gambus serta penampilan dari Wafiq Azizah.

Wakil Walikota Tangerang Lepas Kafilah MTQ 20 Banten

Kota Tangerang Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, melepas 130 kafilah Kota Tangerang yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran 20 Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 di Hotel Great Western Resort, Rabu, (26/07).

Dalam pesannya, Sachrudin memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh kafilah yang akan berangkat ke Kabupaten Tangerang tempat MTQ XX dilangsungkan.

"Kuncinya adalah terus semangat dan yakin pada diri sendiri, insya Allah Kota Tangerang akan mendapatkan hasil yang terbaik. Tapi jangan dijadikan beban juga, asalkan dapat menerapkan segala ilmu dan pembelajaran saat pemusatan latihan, Insya Allah semuanya dapat tampil dengan maksimal," ujar Sachrudin.

Lebih lanjut, Sachrudin, menuturkan, yang terpenting bukanlah hasil melainkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh harus dapat diaktualisasikan pada kehidupan sehari-hari.

"Semangatnya, bagaimana agar bisa menjadi sebaik-baiknya manusia yaitu yang dapat bermanfaat, dengan mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Alquran, karena MTQ ini diselenggarakan salah satu tujuannya adalah untuk mengagungkan kitab suci Alquran. Dengan membaca dan mengamalkannya. Selamat berjuang para kafilah, berikan yang terbaik," tutur Sachrudin

Di akhir pesannya, Sachrudin, turut menyampaikan apresiasinya kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangerang atas kontribusinya dalam  membina  para peserta MTQ 20 Tingkat Provinsi Banten.

"Terima kasih, selama ini senantiasa turut serta dengan upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam mewujudkan Kota Tangerang yang cerdas dan berakhlakul karimah," tutupnya.

Sebagai informasi, MTQ 20 Tingkat Provinsi Banten diselenggarakan di Kabupaten Tangerang mulai dari tanggal 26-30 Juli 2023. (Humas)

Satpol PP Kabupaten Tangerang Kerahkan Ratusan Personel Amankan MTQ

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan pagelaran MTQ Ke-20 tingkat Provinsi Banten di Alun-alun Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, 25-30 Juli Tahun 2023.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 100 personel guna memberikan keamanan dan kelancaran pagelaran MTQ ke-20 tingkat Provinsi Banten. Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tersebut.

"Kami kerahkan ratusan personel yang nantinya akan berjaga pada proses pembukaan MTQ di Alun-alun Tigaraksa dan beberapa Arena yang tersebar di wilayah Tigaraksa," ucapnya pada Selasa (24/07/2023).

Ia menyebut, pihaknya akan menyebar ratusan personel tersebut di 12 Arena yang menjadi tempat pelaksanaan MTQ tersebut. Selain itu, anggota yang bertugas akan melakukan patroli ketentraman dan ketertiban umum di seluruh arena atau majelis.

Fachrul mengimbau dan berpesan kepada seluruh personel agar mengedepankan sikap humanis saat melaksanakan tugas. Setiap arena atau majelis ditugaskan sebanyak tiga sampai lima personel untuk menjaga (keamanan) proses pelaksanaan lomba. 

"Saya juga berpesan kepada seluruh anggota yang bertugas agar selalu mengedepankan sikap dan rasa humanis kepada warga masyarakat yang datang," ujarnya.

Ini Daftar 12 Lokasi dan Cabang Lomba MTQ Banten Ke-20 Provinsi Banten

Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-20 Provinsi Banten segera dimulai di alun-alun Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama lima hari, mulai 25 hingga 30 Juli 2023.

Terdapat sejumlah kegiatan yang akan memeriahkan pembukaan MTQ ke-20 Provinsi Banten, seperti penampilan grup Gambus El Bawazier, devile Kabupaten/Kota, karnaval pakaian etnik, parade rebana, penampilan artis Gita KDI hingga pertunjukan kembang api.

Masyarakat yang akan menghadiri perhelatan ini, perlu mencatat 12 arena MTQ kee-20 Provinsi Banten. Berikut daftar 12 arena perhelatan MTQ tersebut:


Arena 1 (Arena Utama) 

Tilawah Dewasa dan Qiroat Sab’ah

Lokasi : Alun-alun Tigaraksa


Arena 2

Tilawah Murattal dan Canet

Lokasi : Masjid Nurul Ulum Jalan Rajawali PWS Margasari RT.02/02


Arena 3 

Tilawah Anak-anak dan Remaja

Lokasi : Masjid Agung Al Amjad Tigaraksa


Arena 4

Tilawah Sab’ah dan Murottal Remaja dan Dewasa

Lokasi : Masjid Al Muhajirin Desa Margasari RW.03 Tigaraksa


Arena 5

MHQ 1 dan Tilawah : 5 Juz dan Tilawah

Lokasi : Masjid An-Nur Desa Margasari RT.02/04 Tigaraksa


Arena 6 

MHQ 10 Juz dan 20 Juz

Lokasi : Masjid Al-Huda Katomas Kelurahan Tigaraksa


Arena 7 

MHQ 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab

Lokasi : Masjid Agung Al Amjad Tigaraksa Lantai 2


Arena 8 

Tafsir Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab

Lokasi : Gedung MUI Kabupaten Tangerang


Arena 9 

MSQ

Lokasi : GOR Pemda Kabupaten Tangerang


Arena 10 

MFQ

Lokasi : GSG Kecamatan Tigaraksa


Arena 11 

MKQ (Khotil Qur’an)


Lokasi : MAN 1 Tangerang Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa


Arena 12 

MMQ

Lokasi: Aula Kantor Kementerian Agama (KEMENAG) (Sumber: Humas Pemkab)


Lepas Kafilah Tangsel ke MTQ Ke-22 Tingkat Provinsi Banten, Benyamin: Tampilkan yang Terbaik

Lepas Kafilah Tangsel ke MTQ Ke-22 Tingkat Provinsi Banten, Benyamin: Tampilkan yang Terbaik


SERPONG UTARA - Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berpesan ke 58 kafilah asal Tangerang Selatan untuk menampilkan yang terbaik di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XX Tahun 2023 Tingkat Provinsi Banten di Kabupaten Tangerang.

“Khusus kepada Qori dan Qoriah, terus tampilkan semua yang terbaik. Jangan pikirkan yang lain dulu, fokus dan terus berdoa,” ucap Benyamin saat melepas kafilah Tangsel di Hotel Nite & day, Serpong Utara, Selasa (25/07).

Apalagi Kota Tangerang Selatan telah menjadi juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten sebanyak tujuh kali berturut-turut.

"Kebersamaan ini kita jaga, karena ini menjadi awal yang baik untuk kita mencapai juara umum MTQ tingkat provinsi," ucapnya.

"Saya berharap agar kafilah dapat menunjukkan kemampuannya dan membawa nama baik Kota Tangerang Selatan," tambahnya.

Tak hanya sebagai juara umum, kata Benyamin, ada hal yang paling utama di dalam gelaran MTQ. Yakni
menjadi kewajiban bersama untuk mencetak generasi bangsa yang dalam kehidupan sehari-harinya menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an.

“Perlombaan ini bukan sekadar soal menang dan kalah. Penyelenggaraan MTQ ini akan menumbuhkan minat tinggi para generasi terhadap Al-Qur’an. Kita wajib menanamkan kebiasaan Al-Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. (Humas).



Next Post Previous Post