HIBank : Kumpulan Berita

HIBank : Kumpulan Berita

 

Jakarta, Tangerangtalk.Online - Berikut adalah kumpulan berita Perusahaan Anak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI yakni hibank.

Semangat Kepahlawanan, hibank Hadir Untuk Dukung UMKM #everydayhiro 

Semangat Kepahlawanan, hibank Hadir Untuk Dukung UMKM #everydayhiro


Sebagai anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), PT Bank Hibank Indonesia (hibank) senantiasa berupaya untuk mewujudkan peranannya sebagai Agen Pembangunan nasional. Perwujudan tersebut salah satunya dilakukan melalui transformasi hibank menjadi penyedia layanan perbankan digital dengan fokus pada segmen UMKM. 

Dengan slogan “UMKM First Bank”, hibank telah menetapkan visinya menjadi Bank Digital UMKM Unggulan di Indonesia dan misi untuk pemberdayaan UMKM melalui peran hibank sebagai orkestrator ekosistem UMKM Indonesia. 

Sejalan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan RI pada 10 November 2023, hibank meluncurkan campaign baru yaitu #everdayhiro sebagai bagian dari rangkaian transformasi branding yang dijalankan hibank.

Jenny Wiriyanto, Direktur Utama PT Bank Hibank Indonesia menjelaskan, “Melalui kampanye #everydayhiro ini, hibank bermaksud mengangkat semangat kepahlawanan yang dijalankan perusahaan untuk mewakili semangat kepahlawan setiap anak bangsa, khususnya para pelaku UMKM, dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. 

hibank bertekad, bahwa keberadaan hibank harus dapat menjadi solusi bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya untuk lebih besar dan lebih baik lagi”. Bersama dengan puluhan juta UMKM, hibank bertekad untuk memajukan ekonomi kerakyatan. 

“UMKM merupakan pilar ekonomi bangsa, berkontribusi besar terhadap GDP Nasional (yaitu sekitar 66%) serta menyerap hampir 99% tenaga kerja di Indonesia. Sehingga, di momen hari pahlawan ini, kami menjadikan #everydayhiro sebagai niat dan pintu pembuka untuk kita bersama-sama melahirkan banyak pahlawan ekonomi yang akan terus memajukan ekonomi Indonesia,” pungkas Jenny.

Sebagaimana dilaporkan dalam MSME Empowerment Report 2022, UMKM di Indonesia masih menghadapi berbagai macam tantangan dalam mengembangkan usahanya. Hal ini meliputi pemasaran usaha, akses ke material produksi, adopsi teknologi, proses transaksi, serta pengelolaan cash flow. 

Pada puncaknya, tantangan penguatan kinerja UMKM masih berkutat di rendahnya inklusi keuangan pada segmen tersebut, atau dengan kata lain banyak pelaku UMKM yang masih belum memiliki akses ke layanan perbankan yang memadai. 

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga tahun 2022 lalu, hanya sekitar 36% UMKM yang telah memiliki akses ke layanan formal perbankan. 

Selain itu, tantangan penguatan kinerja UMKM masih berkutat di rendahnya inklusi keuangan pada segmen tersebut seperti bagaimana banyaknya pelaku UMKM yang masih belum memiliki akses ke layanan perbankan yang memadai. 

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga tahun 2022 lalu, hanya sekitar 36% UMKM yang telah memiliki akses ke layanan formal perbankan. 

“Upaya hibank untuk meningkatkan alokasi pendanaan dan menghadirkan layanan perbankan digital yang relevan dengan kebutuhan  UMKM menjadi salah satu langkah penting dalam memperbaiki inklusi keuangan, terutama bagi UMKM yang masih belum terlayani oleh perbankan namun memiliki potensi untuk berkembang. Kami juga berkomitmen menjadi mitra dalam menghubungkan dengan penyedia-penyedia solusi dan layanan yang dibutuhkan UMKM melalui pembentukan dan pemberdayaan ekosistem, sehingga dapat membantu menjawab tantangan dalam pengembangan usaha UMKM. Hal inilah yang mendorong kami untuk memperkenalkan peran hibank sebagai orkestrator ekosistem UMKM Indonesia.”

Data terkini menunjukkan bahwa entitas yang dulu bernama Bank Mayora ini telah menunjukan alokasi pendanaan kepada UMKM. Hingga Oktober tahun ini, hibank telah menyalurkan 31,8% dari total kreditnya, atau kurang lebih sebesar Rp1,74 Triliun. 

Capaian ini sejalan dengan rencana hibank untuk meningkatkan porsi penyaluran kredit bagi segmen  UMKM hingga 45% di 2024. 

“hibank berharap dapat berjalan bersama-sama dengan seluruh stakeholders dalam memajukan perekonomian rakyat. Seiring dengan semangat hari pahlawan pada hari ini, hibank mendorong para pahlawan ekonomi untuk terus semangat, berkolaborasi, dan bersinergi membangun perekonomian Indonesia" tutup Jenny.

Dalam kesempatan ini, Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyatakan bahwa masa depan perbankan adalah digital, dan BNI berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap nasabah bisa mendapatkan solusi finansial terintegrasi setiap harinya. 

“Dengan adanya hibank, kami ingin membantu para UMKM naik kelas dengan berupaya untuk memberikan mereka akses ke layanan perbankan yang lebih efisien dan komprehensif,” pungkas Okki. (*)

Dorong Dukungan Kepada UMKM, hibank Raih Sejumlah Penghargaan

 

Dorong Dukungan Kepada UMKM, hibank Raih Sejumlah Penghargaan

PT Bank Hibank Indonesia atau hibank berkomitmen untuk terus meningkatkan dukungan kepada segmen UMKM dengan berbagai solusi digital.

 

Berkat hal tersebut, hibank berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti Top Bank 2023 kategori KBMI I oleh The Iconomics, Indonesia Best Bank 2023 for The Empowering the MSME Ecosystem Through Banking Solutions kategori KBMI 1 oleh Warta Ekonomi, dan The Best Indonesia Sales Marketing Award VI 2023 oleh Economic Review.

 

Direktur Utama hibank Jenny Wiriyanto menyampaikan, perseroan berupaya membangun fondasi pertumbuhan yang kokoh agar dapat mendukung segmen UMKM secara berkelanjutan.

 

Melalui agenda transformasi secara komprehensif dan upaya untuk terus mendorong berbagai solusi digital kepada nasabah, hibank berupaya untuk menjadi bank yang lebih dekat dan lebih memahami berbagai kebutuhan layanan perbankan bagi pelaku UMKM.

 

“Kami bersyukur bahwa konsistensi kami dalam mendukungan UMKM ini terus mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Ke depannya kami optimis untuk dapat mewujudkan visi kami menjadi Digital First SME Bank di Indonesia,” sebut Jenny.

 

Adapun, per Juni 2023 hibank telah mampu meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM sebesar 83,3% secara tahunan (yoy) atau mencapai Rp1,65 triliun.

 

Jenny melanjutkan, hibank saat ini melakukan pengembangan model bisnis pemberdayaan ekosistem UMKM melalui pendekatan komunitas pilihan. Dia berpendapat, strategi ini tergolong efektif karena perseroan dapat memahami kebutuhan UMKM dengan membuat produk yang tepat guna.

 

“Ke depan, hibank berharap dapat menjadi orkestrator solusi perbankan digital terintegrasi bagi UMKM sehingga turut mendukung pengembangan segmen UMKM yang merupakan tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya. (Siaran Pers) 

hibank Raih Penghargaan pada Indonesia Sales Marketing Award 2023

Jakarta - PT Bank Hibank Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Indonesia Sales Marketing Award VI 2023 kategori Bank Company pada ajang Indonesia Sales Marketing Award 2023 yang diselenggarakan oleh Economic Review di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta. Hibank mendapat predikat Gold Award dengan score 86,00.

Jumat, 28 Juli 2023

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bapak Tjahojo Bengawan selaku Direktur Bisnis non Digital hibank. Dalam glory speechnya, Bapak Tjahojo mengucapkan terima kasih kepada Dewan Juri dan Economic Review yang telah memberikan penghargaan ini kepada hibank dan apresiasi tersebut menjadi pemacu semangat hibank untuk lompat lebih tinggi sebagai bank digital UMKM di Indonesia. 

Selain itu, dalam rangkaian acara ini terdapat juga seminar yang mengangkat tema “Innovation breaktrough of Artificial Intelligence in The Digital Marketing Era” yang dikupas oleh beberapa speaker seperti Ituk Herarindi selaku Pakar Service Excellence, Dr. Pande Putu Prasada selaku Brand Coach&Advisor, dan DR. Rahajeng Widya selaku Akademisi.


BNI Siapkan hibank Sebagai Bank Digital Pertama yang Fokus Pada UMKM

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI fokus mendorong hibank untuk memperkuat fundamental guna menjadi Digital First SME Bank di Indonesia.

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan, pasca rebranding, perseroan mendorong hibank untuk melanjutkan transformasi perusahaan.

"Sebagai bank digital yang fokus pada segmen UMKM, tentunya transformasi pada hibank ini terus kami lanjutkan, sambil terus mendampingi hibank untuk mengoptimalkan bisnis dari ekosistem dan komunitas terpilih," sebutnya.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menyampaikan, secara spesifik pengembangan yang dilakukan akan terbagi dalam beberapa area. Pertama adalah Area Bisnis, yaitu ekspansi kepada target pasar UMKM dengan spesialisasi sub-segment value chain dan komunitas (closed-loop ecosystem) yang memiliki potensi besar dan dengan risiko yang terukur.

Saat ini, hibank fokus pada pembiayaan supplier dan distributor di industri FMCG, dan secara bertahap, akan dikembangkan pada ekosistem bisnis di industri lainnya.

Kedua adalah pengembangan teknologi informasi dan infrastruktur untuk mendukung pengembangan model bisnis bank digital.

Ketiga adalah penguatan aspek Governance, Risk, Compliance (GRC) sebagai penguatan sisi manajemen risiko dan kepatuhan dalam mengembangkan model bisnis baru sebagai bank digital.

Keempat adalah penguatan brand equity melalui aktivitas komunikasi dan pemasaran melalui berbagai media yang relevan dan dapat menyentuh target market yang telah ditetapkan.

"hibank saat ini disiapkan sebagai mesin pertumbuhan bisnis bagi BNI group dalam jangka panjang. Maka dari itu, pihaknya tidak akan berekspektasi hibank akan memberikan kontribusi laba yang signifikan terhadap BNI Group dalam waktu dekat," katanya. (Humas)

Dongkrak UMKM di Indonesia, hibank Dapat Penghargaan sebagai Indonesia Best Bank Awards 2023

Kumpulan Berita Hibank - Perusahaan Anak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI yakni hibank, meraih penghargaan di ajang Indonesia Best Bank Awards 2023 dengan predikat for The Empowering the MSME Ecosystem Through Banking Solutions kategori KBMI I.

Penghargaan diberikan oleh Warta Ekonomi kepada hibank atas kontribusinya sebagai bank digital yang fokus pada pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Hibank berterimakasih atas apresisasi yang diberikan

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada hibank sebagai digital first bank yang dinilai mampu mendorong kinerja UMKM di Indonesia untuk bisa naik kelas.

“Terima kasih untuk penghargaan ini, semoga bisa menjadi semangat kami di BNI Group khususnya subsidiaries atau Perusahaan anak untuk bisa terus bertumbuh menjadi lebih baik dalam memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Okki mengungkapkan, inovasi yang dilakukan hibank tak terlepas dari kerja sama semua pihak sehingga bisa menciptakan perkembangan produk digital yang bermanfaat bagi nasabah khususnya di segmen UMKM.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak agar hibank terus menciptakan inovasi yang berguna bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Okki menyebutkan, hibank berkomitmen menjadi orkestrator UMKM Indonesia yang menyediakan ragam solusi perbankan digital menyeluruh guna mendukung UMKM untuk semakin berkembang.

“Terima kasih kepada seluruh nasabah setia dan seluruh stakeholder yangs etia pada hibank. Tentunya transformasi pada hibank ini terus kami lanjutkan agar dapat menjadi lebih baik,” ujarnya. (Humas).

Dukung UMKM, Hibank Luncurkan Produk Terbaru

Jakarta - PT Bank Hibank Indonesia, A Member Of BNI Group akan menghadirkan beragam produk dan fitur menarik untuk membantu UMKM di Tanah Air tumbuh.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan hibank memiliki misi untuk menjadi bank yang memberdayakan ekosistem UMKM di Indonesia melalui pendekatan komunitas pilihan.

Upaya ini pun diharapkan mampu mendorong hibank mewujudkan kinerja berkelanjutan guna memaksimalkan nilai investasi bagi investor.

Untuk mencapai tujuan tersebut, hibank akan terus meningkatkan kapabilitas dengan menambah produk-produk baru yang berorientasi pada kebutuhan nasabah.

“Tentunya hibank juga memiliki misi untuk selalu memberikan solusi perbakan digital secara menyeluruh dan berorientasi kepada pelanggan. Saat ini aplikasi digital hibank sedang dalam pengembangan, dan akan segera launching guna memberikan solusi lengkap bagi UMKM Tanah Air untuk melompat lebih tinggi,” kata Royke.

Lebih lanjut, kata Royke, hibank juga memiliki misi untuk menciptakan lingkungan kerja yang berdaya saing dan bermartabat dengan budaya digital untuk karyawan beraktualisasi dan berkembang.

Sebagai bank digital, hibank akan terus berupaya untuk menjadi teladan penerapan tata kelola perusahaan dalam industri perbankan digital.

“Di dalam operasional hibank, kami juga menerapkan operasional perbankan yang berorientasi lingkungan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebagai bagian dari BNI Group, tentunya hibank turut menerapkan core value AKHLAK sebagai tata nilai perusahaan," kata Royke.

Adapun, Bank Mayora resmi berganti nama menjadi hibank sejak 17 Mei 2023, ditandai terbitnya surat izin OJK atas permohonan perubahan nama dan logo perseroan.

Saat ini hibank memiliki dua pemegang saham, yaitu BNI sebesar 63.92% dan PT Mayora Inti Utama sebesar 36.08%. Kepemilikan kuat BNI di hibank ditandai dengan warna logo hibank dengan simbol warna orange dan teal seperti BNI Group.

Adapun nama hibank terdiri dari 2 unsur kata, yaitu “hi” dan “bank”. “Hi” merupakan komponen dari kata High atau tinggi. “hi” juga dikenal sebagai kata sapaan yang menggambarkan karakter ramah, bersahabat, sederhana, dan dapat diandalkan.

Dengan nama baru ini, hibank diharapkan dapat menghadirkan pengalaman perbankan yang menyeluruh  sesuai kebutuhan pelanggan khususnya UMKM agar mampu #LompatLebihTinggi. (Humas)

 

Next Post Previous Post