Melihat Kampung Adat Baduy



Kampung Adat Baduy Banten merupakan sebuah kampung di Provinsi Banten, Indonesia yang terkenal karena keberlangsungan tradisi adat istiadat yang kuat. Kampung ini terletak di Desa Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten dan merupakan salah satu dari dua wilayah adat di Banten, yaitu Kampung Adat Baduy Dalam dan Kampung Adat Baduy Luar.

Masyarakat di Kampung Adat Baduy Banten hidup sederhana dan menjalankan tradisi adat yang sudah turun temurun. Mereka memiliki prinsip-prinsip adat yang mengatur tingkah laku dan perilaku sehari-hari, seperti menghormati orang tua, tidak mempercayai teknologi modern, dan tidak memperbolehkan seseorang masuk ke dalam kampung kecuali jika dia merupakan anggota masyarakat setempat.

Kampung Adat Baduy Banten juga terkenal karena perkebunan yang dimilikinya, terutama kopi, teh, dan rempah-rempah. Masyarakat setempat juga terkenal karena kerajinan tangan yang dihasilkan, seperti tas, sepatu, dan kerajinan lain yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti rotan dan anyaman bambu.

Kampung Adat Baduy Banten merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Provinsi Banten. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan menyaksikan bagaimana masyarakat setempat hidup sederhana sesuai dengan tradisi adat yang telah mereka jalani selama bertahun-tahun. Namun, wisatawan harus mematuhi aturan yang berlaku di kampung ini agar tidak mengganggu keberlangsungan tradisi masyarakat setempat.

Next Post Previous Post