Tips Keuangan : Membuat Anggaran Rumah Tangga

 

Tips Keuangan : Membuat Anggaran Rumah Tangga
Tips Keuangan : Membuat Anggaran Rumah Tangga

Tangerangtalk – Suatu hari si Kancil pergi ke toko di sekitar rumahnya. Kancil terbiasa berbelanja untuk keperluan rumahnya seminggu sekali disana.

Kancil masuk ke toko tersebut dan mencoba mengingat-ingat barang yang hendak dibelinya. Dia memilih membeli beras, telur, bumbu, dan lainya.

Setelah memilih barang, Kancil langsung menuju kasir untuk membayar.

Kancil kaget ternyata uang yang diperlukan kurang untuk membayar semua barang yang sudah dipilih. Sehingga kancil harus memilih barang yang cukup dibeli dengan uangnya.

Kancil bingung barang apa yang harus dipilih dari barang belanjaannya yang bisa dia dibayar. Akhirnya beberapa barang kembali diletakan di toko dan kancil membayarnya.

Sesampainya di rumah, Kancil menghitung kembali keperluannya dan menemukan bahwa ada beberapa barang yang melebihi keperluannya. Misalkan Kancil hanya perlu setengah kg untuk satu Minggu namun dirinya membeli satu kilo.

Ternyata ada beberapa barang yang belum diperlukan tapi sudah di beli hanya karena sedang promo. Padahal banyak barang yang seharusnya dibeli seperti sabun dan pasta gigi yang sudah habis 

Belum lagi setiap kali kancil belanja selalu saja ada terlupakan dibeli dari sana. 

Seminggu kemudian.

Seperti pekan lalu, kancil kembali belanja di toko. Bedanya adalah sekarang Kancil sudah membuat daftar belanja yang disesuaikan antara kebutuhan dan uang yang dimiliki kancil.

Kancil mengambil barang-barang yang terdapat di daftar kemudian membayarnya. Kancil mendapatkan beberapa barang yang dibutuhkannya dalam harga promo sehingga lebih hemat.

Dengan jumlah uang yang sama seperti pekan lalu. Kancil mencukupi semua kebutuhannya pekan ini.

Kancil mengetahui bahwa untuk memandu dirinya mengambil keputusan terutama dalam hal keuangan dia memerlukan referensi. Maka satu hari sebelum belanja Kancil membuat daftar barang yang hendak dibelinya. Kemudian dia mencocokan dengan uang yang dimilikinya.

Meski daftar belanja tersebut tidak memuat semua barang yang sebelumnya di daftar. Namun, daftar belanja tersebut merupakan pilihan paling ekonomis saat ini. 

*Sayuti SE.Sy


Next Post Previous Post