pendidikan di negeri ini


    Negeri ini mendidik masyarakatnya untuk menjadi masyarakat yang cerdas, masyarakat yang mampu menjawab perkembangan jaman, masyarakat yang mampu menjawab permasalahan bangsa ini, akhirnya bangsa ini memiliki banyak orang-orang yang cerdas, orang yang mampu untuk menjawab perkembangan jaman, orang yang mampu untuk menyelasikan permasalah bangsa ini.
    Tapi apakah mereka mau untuk melakukan hal tersebut?, ternyata tidak sedikit masyarakat yang cerdas mempertahankan status quo dari perkembangan dan permasalahan bangsa ini, alih-alih memperbaiki dengan kegiatan atau usasha yang diperlukan malah orang-orang cerdas tersebut menjadi pelaku permasalahan bangsa ini atau minimal mengambil untung dari permasalahan yang terjadi didalam masyarakat.
    Ini disebabkan karena masyarakat ini, tidak memiliki karakter yang mampu menjadi solusi bagi permasalah-permasalahan yang ada, dan ini juga idsebabkan karena pola pendidikan yang dianut oleh bangsa ini yaitu mendidik masyarakat menjadi cerdas tapi tidak didik untuk mejadi berkarakter.
    Padahal tanpa adanya karakter bangsa kita akan terombang ambing pada kemauan pasar dan akan terus menjadi negara pasar bagi kepentingan asing. Padahal kita tau banyak pihak asing yang ingin bangsa kita tetap menjadi masyrakat yang bodoh.
    Apa yang kita harus lakukan?
  1. merumuskan kembali tujuan pendidikan kita apakah hanya menjadikan masyarkat yang cerdas atau menjadi masyarakat yang cerdas dan memiliki karakter.
  2. Mengembalikan pendidikan karakter  kedalam kurikulum pendidikan baik dari dasar samapai perguruang tinggi.
  3. Mengemabangakan budaya berkarakter ditingkat sekolah hingga tingkat masyarakat

  4. Dengan cita-cita membentuk masyarakat yang cerdas dan berkarakter seharusnya bangsa ini kita bangun, buanglah harapan kita pada tokoh-tokoh yang sering muncul, mulailah berharap pada orang-orang yang terus berusaha dengan karakternya memberikan sesuatu untuk bangsa dan negerinya, dari mereka kita dapat memberikan jawaban pada zaman dan pada tantangan masalah dan mereka adalah modal sosial yang kita miliki.
Next Post Previous Post