Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri untuk Wawancara Kerja?

 


Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri untuk Wawancara Kerja?


Tangerangtalk.Online - Halo, teman-teman! Apakah kalian sedang mencari pekerjaan dan akan menghadapi wawancara kerja? Jika iya, kalian harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa memberikan kesan positif kepada pewawancara. 

Wawancara kerja adalah salah satu tahap penting dalam proses rekrutmen yang menentukan apakah kalian akan diterima atau tidak. Oleh karena itu, kalian harus menunjukkan bahwa kalian adalah kandidat yang kompeten, profesional, dan sesuai dengan kultur perusahaan.

Nah, bagaimana cara mempersiapkan diri untuk wawancara kerja? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan:

1. Analisa pekerjaan yang dilamar. 

Kalian harus memahami apa saja tanggung jawab, kualifikasi, dan harapan dari pekerjaan yang kalian lamar. Dengan begitu, kalian bisa menyesuaikan resume, portofolio, dan jawaban kalian dengan kebutuhan perusahaan.

2. Riset perusahaan yang akan mewawancara. 

Kalian harus mengetahui latar belakang, visi, misi, produk, dan prestasi dari perusahaan yang akan mewawancara kalian. Hal ini akan membantu kalian untuk menunjukkan ketertarikan dan pengetahuan kalian tentang perusahaan tersebut.

3. Riset pewawancara. 

Jika memungkinkan, carilah informasi tentang orang yang akan mewawancara kalian, seperti nama, jabatan, dan latar belakang profesionalnya. Hal ini akan membantu kalian untuk berinteraksi dengan lebih baik dan menyesuaikan gaya komunikasi kalian.

4. Berlatih wawancara. 

Kalian bisa mencari contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering ditanyakan di internet atau bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah berpengalaman. Kemudian, berlatihlah menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas, singkat, dan meyakinkan.

5. Siapkan pakaian dan perlengkapan wawancara. 

Pilihlah pakaian yang rapi, bersih, dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Hindari pakaian yang terlalu santai atau terlalu formal. Bawalah juga perlengkapan wawancara seperti resume, portofolio, sertifikat, atau dokumen lain yang relevan.

6. Datang tepat waktu. 

Kalian harus datang ke lokasi wawancara setidaknya 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kalian menghargai waktu dan profesional. Jika ada halangan yang membuat kalian terlambat atau tidak bisa datang, segera hubungi pihak perusahaan dan minta maaf.

7. Tunjukkan sikap positif. 

Saat wawancara berlangsung, tunjukkan sikap positif seperti tersenyum, menatap mata pewawancara, mendengarkan dengan baik, dan menjawab dengan sopan. Hindari sikap negatif seperti mengeluh, berbohong, mengkritik mantan atasan atau rekan kerja, atau menyela pembicaraan.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara mempersiapkan diri untuk wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Next Post Previous Post