Membuat anggaran pribadi



Mungkin kita sering mendengar tentang anggaran belanja negara yang akan digunakan pada tahun ini. Negara mengasumsikan bahwa pendapatan tahun sebelumnya akan digunakan untuk keperluan tahun ini.

Selain membicarakan tentang pengeluaran selama setahun. Anggaran negara juga membicarakan pendapatan yang ditargetkan pada tahun ini, sehingga perencanaan jangka panjang dapat terlaksana tanpa terkendala uang.

Penganggaran ini kita juga dapat kita buat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan asumsi bahwa kita saat ini memiliki pendapatan yang tetap tiap bulanya. Hal ini tentu dapat mempermudah kita dalam mengalokasikan uang setiap bulanya.

Misalkan kita menganggarkan dari  pendapatan kita 30persen untuk membayar tagihan. kita dapat menyesuaikan pengeluaran untuk tagihan apa saja yang memang sesuai dengan budget tersebut.

Kalau memang anggaran tersebut hanya dapat mencicil untuk pembelian secara kredit motor beat maka kita harus puas dengal hal itu.

Kita juga mengagarkan 50 persen untuk keperluan rumah tangga, kita bisa membreakdown menjadi unit makan, unit bensin, unit kebersihan. Dengan memaotok pengeluaran diawal bulan kita tidak mengalami kelupaan pembelian barang tertentu karena memang sudah kita rencanakan dengan baik

Next Post Previous Post