Dosen juga Manusia


Dosen Juga Manusia


Sejatinya tugas dosen adalah mengajar mahasiswa, dalam proses mengajar dan belajar tentunya terjalin interaksi antara dosen dan mahasiswa di setiap pertemuannya, dari proses ini bukan hanya proses transfer ilmu pengetahuan,  melainkan banyak sisi lain yang dapat dijadikan bahan pemikiran juga penilaian.

Diantaranya dosen yang sedikit banyak mengenal karakteristik mahasiswa juga mahasiswa yang sedikit banyak mengkritik dosen dengan segala sikap, pemikiran dan ciri khasnya.Dosen juga manusia mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada dosen yang fokus mengajar sesuai dengan tugas mata kuliah yang diampunya, berinteraksi dengan mahasiswa secukupnya saja,  dalam artian komunikasi hanya berkaitan dengan perkuliahan, ada juga dosen yang mencoba akrab dengan semua mahasiswanya, sering tegur sapa, tanya kabar juga membagi informasi lain di luar perkuliahan.

Tipe dosen selanjutnya, dosen yang merangkul mahasiswa dalam hobinya, dosen youtuber yang bahagia dan semangatnya jika mahasiswa banyak me like and subscribe channel youtube miliknya. Dosen juga manusia, dosen yang secara diam-diam dan perlahan memiliki rasa pada mahasiswanya, ternyata bukan hanya terjadi di film saja ini terjadi di dunia nyata, di kelas dosen sangat berwibawa dan dihormati seluruh mahasiswanya. Di Sisi lainnya ada juga dosen yang mendekati salah satu mahasiswanya, memberikan perhatian lebih, sikap ramah juga kebaikan yang tidak sewajarnya entah ini hanya hobi saja atau sebuah keseriusan menjalin hubungan, tentunya hanya yang bersangkutan yang tahu jawabannya.

Berbeda lagi dosen yang biasanya disebut-sebut dosen killer katanya, dosen yg extra smart, menguasai penuh matakuliah yang diampunya juga menuntut mahasiswa mampu mengerjakan tugasnya dengan sempurna. Dosen seperti ini juga punya sisi tersendiri di mata mahasiswanya. Satu sisi memotivasi para mahasiswa untuk  bertanggung jawab penuh akan tugasnya. Sehingga bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas sesuai dengan yang dosen arahkan. Disisi lain menguji mental mahasiswa mau tidak mau siap tidak siap setiap perkuliahan tiba mampu mengikuti segala perintah dosennya.

Selanjutnya tipe dosen yang sangat kusuka, dosen supple, humble mengarahkan mahasiswa untuk semangat mengerjakan tugas juga berpengetahuan luas. Dosen yang terlihat biasa saja, sederhana namun ketika berbicara begitu mengena di hati para mahasiswanya. Namun tetap akrab, ramah dan terasa bagai orangtua yang begitu tulus mengajarkan ilmu pada anaknya.

      Banyak sikap yang bisa kita pelajari dari setiap orang yang kita temui. Terkhusus bagi sosok seorang dosen yang telah menempel padanya label seseorang yang berpendidikan, berpengetahuan juga berpengalaman, sewajarnya dosen lebih bijak baik dalam sikap, berkata-kata maupun bertindak sehingga segala hal yang keluar darinya dapat diterima dengan baik oleh para mahasiswanya.

Tetapi tetap kembali lagi pada judulnya bahwa dosen juga manusia, tetap tidak bisa menuntut banyak padanya. Sebab masing-masing manusia pasti mempunyai sisi kelemahan dan kekurangannya disinilah hendaknya para mahasiswa pun dengan lapang dada menerima segala macam sikap dosen yang berbeda-beda sesuai latar belakang kehidupan juga keilmuannya.

       Bagi kalian-kalian yang bercita-cita atau berkesempatan dan berpeluang menjadi dosen. Semoga menjadi dosen yang diterima juga dikenal baik oleh para mahasiswanya, karena dari mereka pula tidak jarang para dosen mendapatkan doa-doa terbaiknya. Namun tidak jarang pula dari para mahasiswa yang kecewa atau tidak suka terucap kata-kata yang tidak seharusnya meskipun tanpa sengaja.

Karya : Nur Andhira

 


Next Post Previous Post