cash flow vs capital gaint


Apakah Seorang dikatakan pengusaha yang sukses apabila mampu menumpuk kekayaan dalam jumlah banyak atau seorang yang sukses adalah seseorang yang memiliki cash flow yang sangat cepat mungkin dalam hitungan hari, bahkan jam atau menit.
Menurut saya seorang pengusaha yang sukses adalah orang yang bukan hanya mampu menumpuk capital tapi juga harus mampu mengatur cash flownya, karena  apabila mengandalkan capital gaintnya maka dia hanya akan menumpuk kekayaannya dan merubah kekayaan terseebut masuk kedalam beban dalam pencatatan cashflownya.
Sebagai contoh apabila kita menumpuk capital gaint ke mobil, dengan membeli mobil tiga atau empat, padahal dia hanya bisa memakai satu saja dalam satu waktu, maka sisa mobil tersebut tidak produktif dan berubah menjadi beban karena harus dirawat.
Begitu pula seorang pengusaha yang tidak pandai mengatur cashflownya, maka dia akan menagalami kesulitan dalam memnuhi kebutuhan perusahan yang dia pimpin, sebagai contoh seorang pengusaha yang mengandalkan penghasilan dari penjualan raksasanya tapi di bayar tiga bulan lagi maka selama tiga bulan tersebut dia harus memenuhi kebutuhannya sendiri.
Karena itulah seorang pengusaha dalah orang yang mampu mengatur capital gaint agar sesuai dengan yang dibutuhkannya dan mengatur perputar cashflow agar roda perusahaan tetap berjalan.
Next Post Previous Post